ZAKAT FITRAH SEBAGAI PENYEMPURNA IBADAH RAMADHAN

ZAKAT FITRAH SEBAGAI PENYEMPURNA IBADAH RAMADHAN

  • Post published:22 April 2021
  • Post comments:0 Comments

Zakat Fitrah Sebagai Penyempurna Ibadah Ramadhan

Definisi Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan bagi seorang muslim pada bulan Ramadhan sebelum menjelang sholat Idul Fitri.

Dari Ibnu Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” Muttafaqun ‘alaih.
(HR. Bukhari dan Muslim).

Zakat fitrah dapat diartikan menyucikan harta, karena dalam setiap harta seorang muslim ada sebagian hak orang lain. Selain mensucikan diri zakat fitrah dapat diartikan sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka yang kurang mampu dan membagi rasa kebahagiaan agar dapat melaksanakan ibadah bulan Ramadhan dengan lebih baik dan kemenangan di hari Raya. Syarat wajib berzakat antara lain beragama islam, merdeka, menemui dua waktu antara bulan Ramadhan dan Syawal, dan memiliki harta yang cukup

Ketentuan Zakat Fitrah

Hukum zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu. Besaran zakat fitrah berupa satu sha’ yang nilainya 2,5 kg atau 3,5 liter makanan pokok maupun beras per jiwa

Para ulama Shaikh Yusuf Qardawi telah membolehkan pembayaran zakat fitrah dalam bentuk uang tunai dengan jumlah uang yang dikeluarkan setara dengan harga 1 sha’ gandum, kurma, atau beras. Dalam praktiknya nominal uang yang dikeluarkan setara dengan nominal harga makanan pokok yang dikonsumsi atau harga yang berlaku pada daerah tersebut.

Waktu Menunaikan Zakat Fitrah

Yang membedakan zakat fitrah dengan zakat lainya adalah waktu ketika dibayarkannya zakat. Zakat fitrah dikeluarkan sebelum sholat idul fitri dilaksanakan sebagaimana hadist Rasulullah SAW
“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum shalat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud).

Bagaimana Jika Tidak Menunaikan Zakat Fitrah?

Orang yang tidak menunaikan zakat fitrah dibedakan karena sebabnya, jika lupa tidak menunaikan zakat fitrah maka tidak berdosa karena salah satu udzhur syar’I yang mengugurkan dosa. Hal Ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW

“Sesungguhnya Allah telah memaafkan dari umatku (dosa karena) tersalah (tidak sengaja), lupa, dan apa-apa yang dipaksanakan atas mereka” (HR Ibnu Majah No. 2033)

Namun kewajiban zakat fitrah tidak gugur dari mereka yang lupa menunaikannya dan tetap wajib untuk mengqadha’ dengan membayar zakat fitrah. Lain halnya dengan alasan orang tidak menunaikan zakat fitrah karena tidak ingin menunaikan secara sengaja padahal telah Allah titipkan kemampuan pada dirinya untuk memenuhi kebutuhannya, maka akan datang hukuman Allah di hari pembalasan. Zakat merupakan bagian dari rukun islam yaitu ibadah wajib bagi setiap muslim apabila telah mememuhi syarat dan mendapatkan hukuman bagi yang meninggalkan.

Allah berfirman dalam Q.S At Taubah ayat 34

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak, dan tidak menafkahkannya di Jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat siksa yang pedih.”

Bayar Zakar Fitrah

Jika kamu sudah memenuhi syarat sebagai muslim yang wajib membayar zakat fitrah, maka segeralah untuk menunaikannya. Membayar terlebih dahulu lebih baik serta menghindari dari hal yang dapat membuat lupa menunaikan kewajiban berzakat. Kamu dapat membayarkan zakat fitrah melalui lembaga zakat yang terpercaya.

Dengan kemajuan teknologi pembayaran zakat fitrah dapat dilakukan secara online dan lebih mudah untuk mengetahui transparansi penyaluran yang dilakukan oleh lembaga zakat profesional. Salah satunya, kamu dapat menunaikan zakat fitrah melalui YBM BRI.

YBM BRI Menerima Pembayaran Zakat Fitrah sampai dengan 11 Mei 2021

Sumber: https-://wahdah.or.id/hukum-seseorang-yang-sengaja-atau-lupa-bayar-zakat-fitrah/Mensucikan Harta sambil Gegoleran? Bisa Dong

Tinggalkan Balasan