YBM BRI X Kyodai Remittance : Salurkan Bantuan Perahu untuk Bangkitkan Ekonomi Nelayan

YBM BRI X Kyodai Remittance : Salurkan Bantuan Perahu untuk Bangkitkan Ekonomi Nelayan

  • Post published:Mei 14, 2019

Pandeglang. Bencana Tsunami Selat Sunda yang terjadi pada akhir 2018 lalu menyebabkan adanya perubahan dalam hidup para nelayan, salah satunya nelayan di Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, Pandeglang-Banten. Perahu milik para nelayan ini mengalami kerusakan yang parah, sehingga mereka berhenti melaut dan menangkap ikan.

Dalam upaya Recovery Tsunami Selat Sunda, YBM BRI bersama Kyodai Remittance berbagi Bantuan Perahu Nelayan pada hari Sabtu (4/5) yang berlokasi di Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, Pandeglang-Banten. Hadir dalam acara tersebut, Mantri Unit Sobang mewakili Kepala Unit BRI dan Pimpinan Cabang BRI Labuan Yulia Anggriani, Kepala Desa Cigorondong Aljani, Pelaksana Harian YBM BRI Kantor Pusat Dewi Kartika, Pelaksana Harian YBM BRI Jakarta Raya Sopiyan Hadi.

Pelaksana Harian Kanwil Jakarta Raya, Sopiyan Hadi mengatakan, dalam kesempatan kali ini, YBM BRI menyalurkan lima perahu fiber berjenis sampan kepada komunitas nelayan di Desa Cigorondong. Dia juga menambahkan 5 perahu untuk 10 mustahik (1 perahu diperuntukkan 2 penerima manfaat) terdampak bencana. Bantuan perahu ini senilai Rp. 173.000.000. Bantuan perahu yang diberikan lengkap dengan mesin dan jaring ikan. Bantuan perahu diperoleh dari donatur Kyodai Remittance (perusahaan jasa kirim uang Jepang – Indonesia) dan dana zakat Karyawan BRI.

Dalam acara ini Yulia Anggraini menyampaikan sambutannya, “Saya ucapkan terima kasih atas bantuan Perahu yang diberikan oleh YBM BRI dan Kyodai Remittance. Dalam kesempatan ini saya menyampaikan pesan kepada penerima manfaat agar perahu yang sudah diberikan dapat dijaga dan dirawat agar dapat digunakan untuk mencari rezeki dan sebagian rezeki yang diterima dapat disisihkan untuk ditabung dan diinfakkan.”

Kepala Desa Bapak Aljani dalam sambutannya menyampaikan, “Terima kasih kepada YBM BRI dan Kyodai Remittance atas pemberian perahu kepada warga kami, nelayan terdampak bencana yang perahunya hancur karena tsunami. Sudah 4,5 bulan mereka tidak dapat melaut untuk mencari rezeki, menafkahi keluarganya. Semoga Allah memberikan balasan berlipat ganda untuk Muzakki/donatur YBM BRI & Kyodai Remittance.”

Menurut Sopiyan, terdapat beberapa tujuan besar yang ingin dicapai dalam pemberian perahu ini. Salah satunya, mengembalikan sumber mata pencaharian nelayan yang terimbas tsunami dan meningkatkan pendapatan nelayan korban bencana. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan nelayan melalui pendampingan dan pemberdayaan.