YBM BRI Usung Program Badan Usaha Milik Pesantren

  • Post published:Februari 27, 2017

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengembangan ekonomi Pesantren menjadi salah satu program yang diusung Yayasan Baitul Mal-Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) dalam hal pemberdayaan berbasis Pondok Pesantren.

Ketua YBM-BRI Tri Wintarto mengatakan, upaya pengembangan ekonomi pesantren adalah dengan pembentukan Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP). Lembaga ini diharapkan dapat menjadi jawaban bagi pondok pesantren dalam memenuhi kas dan membiayai operasional dari pesantren tersebut.

Sehingga, secara perlahan, pondok pesantren akhirnya dapat benar-benar mandiri. “Kenapa Badan Usaha? Karena kami berharap, suatu saat ini menjadi besar, bukan sekadar buat warung, tapi kami buatkan lembaga terlebih dahulu,” ujar Tri saat bersilaturami ke Kantor Harian Umum Republika, Kamis (2/2).

Tri mengungkapkan, struktur pengurus dari BUMP itu juga akan dibentuk langsung dari pihak Pondok Pesantren. Tidak hanya memberikan bantuan modal usaha, YBM-BRI juga akan memberikan bantuan berupa pelatihan terkait usaha yang telah dipilih BUMP tersebut. Kemudian pihak YBM BRI akan membantu melakukan analisa pengembangan usaha. 

Selama ini, kata Tri, BRI memang telah dikenal dan memiliki kelebihan dalam hal pengembangan usaha. “Jadi itu yang kami manfaatkan. Kira-kira di situ potensinya apa, dibutuhkan ketrampilan seperti apa, pasarnya seperti apa? Itu kami bantu. Jadi kurang lebih seperti analisa pengembangan usaha,” tuturnya.

Program BUMP ini sudah berjalan selama tiga tahun dan setidaknya sudah ada sekitar 203 BUMP yang menjadi binaan YBM-BRI. Dalam mengembangkan usahanya, setiap BUMP diberikan waktu selama tiga tahun. Dalam rentang waktu tersebut, BUMP bisa terus melakukan penyesuaian jenis usaha yang diperkirakan dapat bertahan.

Selain pemberian bantuan modal usaha dan pembentukan BUMP, YBM BRI juga memberikan bantuan dalam bentuk pemberian beasiswa terhadap santri dan ustaz, serta pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di Pondok Pesantren tersebut.

YBM BRI adalah lembaga amil zakat yang menghimpun dan menyalurkan dana zakat infaq dan sadaqah (Ziswaf) dari karyawan-karyawan BRI.