Ajak Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat Melalui STBK Pesantren Walisanga Ende

  • Post published:Maret 24, 2017

YBM_Salurkan Bantuan Program Sanitasi Total Berbasis Komunitas Di Pesantren Walisanga Ende2

ENDE, NUSA TENGGARA TIMUR — Sanitasi menjadi salah satu sara penting bagi kehidupan masyarakat. Dengan adanya sanitasi dasar yang baik, dapat mewujudkan masyarakat berpola hidup sehat. Sehingga, kesehatan masyarakat dan lingkungannya dapat terjaga.

Menyadari pentingnya kebutuhan tersebut, Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) Kanwil Denpasar, menyalurkan bantuan program Sanitasi Total Berbasis Komunitas (STBK). Untuk menggulirkan program tersebut YBM-BRI memilih pondok pesantren Walisanga Ende, Flores, sebagai lokasi STBK.

Selain menyajikan sarana sanitasi dan kebutuhan air bersih untuk masyarakat, penyaluran bantuan dan launching program tersebut merupakan rangkaian kemeriahan HUT ke-121 BRI. Penyaluran bantuan dan peluncuran program tersebut turut dihadiri oleh Umar Al-Faruq (AMP BRI Cabang Ende), pengurus YBM BRI Ende, jajaran pemerintahan di wilayah Kecamatan Ende Selatan, dan tokoh masyarakat setempat.

“Ini menjadi salah sath langkah kami dalam menjaga kesehatan masyarakat. Sekaligus juga menjadi sarana menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Semoga bantuan ini memiliki manfaat berkelanjutan yang luar biasa,” ungkap Umar Al-Faruq, di sela peresmian program.

YBM_Salurkan Bantuan Program Sanitasi Total Berbasis Komunitas Di Pesantren Walisanga Ende1

Bantuan yang diberikan berupa satu unit MCK dan bangunan penampungan air (torent utama) senilai Rp.134.129.000. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program pemberdayaan Berbagi Sehat Rakyat Indonesia, dengan tujuan utama memberikan akses air bersih kepada pondok pesantren dan masyarakat di sekitarnya. Selain itu melalui program STBK, YBM-BRI berkontribusi dalam mencapai salah satu tujuan dari 17 goals, dokumen SDGs (Sustainable Development Goals) yaitu “Menjamin ketersediaan dan pengelolaan air serta sanitasi yang berkelanjutan bagi semua orang”.

“Atas nama pribadi dan seluruh masyarakat, serta santri di sini, kami menyampaikan terima kasih kepada YBM-BRI yang telah menyalurkan bantuan bermanfaat bagi pesantren dan masyarakat sekitar. Kami berharap, kerjasama antara pesantren dan BRI Ende dapat terus terjalain dalam bentuk apapun. Semoga ini tak hanya menjadi berkah kami di sini saja, tetapi juga keberkahan para muzakki (karyawan) BRI yang ikhlas menyisihkan hartanya untuk saudara sesama muslim, yang amat membutuhkan dukungan dalam mewujudkan pola hidup sehat,” ucap Siti Halimah, Pimpinan Yayasan Pesantren Walisanga.