YBM BRI Launching Program PKUR Kerajinan Kain Tapis Lampung

  • Post published:19 Agustus 2017

Kain Tapis

LAMPUNG — Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) sebagai lembaga zakat yang konsen pada pengembangan usaha ekonomi mikro, kembali menggulirkan program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR) Kerajinan Kain Tapis Lampung. Kali ini lokasi yang dipilih adalah Pagelaran Utara, Pringsewu, Lampung.

Dalam launching tersebut, pihak YBM-BRI menyerahkan dana bantuan program PKUR senilai Rp. 104.420.000,- kepada 20 anggota kelompok binaan usaha kerajinan Kain Tapis Lampung di Desa Lugu Sari, dan Desa Sumber Bandung, Pagelaran, Pringsewu. Dana bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Pringsewu, Drs. Heri Iswahyudi, mewakili Bupati Pringsewu yang berhalangan hadir, kepada Fajarwati, ketua kelompok Tapis Kembar Lampung.

Turut hadir dalam launching tersebut Adi Kurniadi, selaku Dewan Pembina YBM-BRI Kantor Cabang BRI Pringsewu, dan Amir Mudaris, selaku Pelaksana Harian YBM-BRI Kanwil BRI Bandar Lampung. Semakin meriah saat masyarakat menyambut penuh suka cita bergulirnya program tersebut. Kain Tapis

“Program ini merupakan salah satu bukti kongkrit dari kepedulian YBM-BRI yang bergulir secara nasional untuk meningkatkan usaha kecil kelompok masyarakat kurang mampu di wilayah Lampung. Sehingga harapan kedepannya dengan semangat berIndonesia, masyarakat dapat mandiri secara ekonomi,” tutur Adi Kurniadi, selaku Dewan Pembina YBM-BRI Kantor Cabang BRI Pringsewu, dalam sambutannya.

Desa Sumber Bandung Kecamatan Pagelaran Utara merupakan daerah pedalaman di wilayah Kabupaten Pringsewu, dan mayoritas status sosial masyarakatnya berada di bawah garis kemiskinan, serta berpendidikan rendah. Kebanyakan masyarakatnya juga hanya berprofesi sebagai petani dan buruh harian lepas. Lokasi desa juga semakin terpencil lantaran akses jalan yang rusak parah, dan susah dijangkau kendaraan umum. Sehingga menyebabkan masyarakat desa enggan bepergian keluar masuk wilayah tersebut. Semoga dengan adanya realisasi program PKUR dari YBM-BRI di wilayah tersebut, mampu meningkat perekonomian dan taraf hidup masyarakat di sana.