YBM BRI Fokuskan Program Pemberdayaan Ekonomi dan Sosial

  • Post published:27 Februari 2017

Jakarta, GoHitz.com – Yayasan Baitul Maal – Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) kembali memfokuskan diri pada penyaluran dana pada program-program pemberdayaan di sektor ekonomi dan sosial.

Ketua YBM-BRI Tri Wintarto mengatakan bahwa dana YBM-BRI ini murni berasal dari zakat dari karyawan BRI. Pada tahun 2016, terkumpul amanah dana sejumlah Rp93,3 miliar.

“Dari zakat karyawan tersebut, kami fokus pada sosial dan ekonomi. Untuk sektor ekonomi sebanyak 40 persen dan 60 persen untuk sektor sosial. Kami melakukan program pemberdayaan di 19 kantor wilayah BRI di seluruh Indonesia,” ujar Tri saat berbincang di Hotel Menara Peninsula di Jakarta Barat, Kamis (26/1).

Tri juga mengungkapkan bahwa YBM ini mengeluarkan program unggulan, yakni Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Pondok Pesantren.

“Pemberian beasiswa santri dan memberikan bantuan ustad mengajar itu masuk dalam sosial. Sedangkan, dari sektor ekonomi itu dengan adanya Badan Usaha Milik Pondok Pesantren (BUMP). Diharapkan BUMP ini memberikan keahlian ekonomi sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan,” ujarnya.

Sebagai contoh, sambung Tri, kami mengumpulkan pemberdayan ekonomi, seperti para istri nelayan, tukang becak, atau supir. “Meeka akan dikumpulkan, dilatih, dan diberikan sertifikat dan bantuan modal, namun tetap dikawal hingga bisa memiliki penghasilan,” imbuhnya.