YBM-BRI Buka Rumah Layanan Umat di Depok

  • Post published:Maret 4, 2016
7. Peresmian Kader Surau UI
Arsip: YBM-BRI
7. Peresmian Kader Surau UI 2
Arsip : YBM-BRI

Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) membuka Rumah Layanan Umat (RLU) ketiga di Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat. Rumah ini menjadi tempat tinggal 12 penerima manfaat beasiswa Kader Surau Universitas Indonesia (UI).

“RLU dimaksudkan sebagai wadah kepanjangan tangan dari YBM-BRI. RLU Kader Surau UI merupakan satu dari tiga, yaitu di ITB dan Undip,“ ujar Pelaksana Harian Kanwil Jakarta 2 Mimma Juwit Rifa’I kepada Republika, Sabtu (20/2).

RLU merupakan tempat tinggal dengan sistem sewa dengan harga dan bentuk fisik sesuai dengan lokasi yang diperoleh di tiap daerah. Adapun fasilitas umum yang diberikan kepada penerima beasiswa kader surau, antara lain, asrama, perpustakaan dan perangkat pendukung program RLU.

Para kader surau juga diberikan pembinaan dengan kurikulum yang seragam. Di setiap RLU ada seorang mudaris (pembina) yang bertanggung jawab terhadap pembinaan intelektual, psikologi, dan spiritual para kader surau. Setiap kader ditargetkan untuk menambah hafalan Al-Quran, sekurang-kurangnya lima juz selama program berlangsung.

Kegiatan pagi di RLU dimulai dengan shalat Subuh berjamaah dan setoran hafalan kepada mudaris. Para kader melanjutkan aktivitas hingga sore hari. Setelah magrib,ada lagi setoran kepada mudaris, dilanjutkan dengan kegiatan belajar menurut bidang studi masing-masing.

Tak hanya dibantu dari segi pendanaan dan pembinaan, para kader surau juga dituntut untuk dapat menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, RLU Kader Surau UI juga menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

Untuk bidang ekonomi, para kader bekerja sama dengan masyarakat mewujudkan program budidaya lele. Dibidang pendidikan, ada program bimbingan belajar (bimbel) persiapan Ujian Nasional (UN) bagi siswa SMP, SMA dan SMK. Di bidang kesehatan, direncanakan akan ada khitanan massal bagi anak-anak kurang mampu.

Sumber : Koran Republika, 26 Februari 2016