YBM-BRI Bina Badan Usaha Majelis Taklim

  • Post published:25 Januari 2016
BUMT Pekanbaru
Arsip Foto: YBM-BRI

Yayasan Baitulmaal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) membina sekaligus menyerahkan bantuan modal usaha kepada Badan Usaha Majelis Taklim (BUMT) Kelurahan Tampan.

Bantuan Modal yang diserahkan sebesar Rp 80.700.000 diserahkan pengurus YBM-BRI wilayah Pekanbaru Mailarwita didampingi Pelaksana Harian Pekanbaru Sutrisno Badroen kepada pendamping sekaligus pemateri dari Gerai Kembang Setaman BUMT Elva Nelin. Penyerahan bantuan sekaligus pelatihan dilaksanakan di Hotel Angkasa, Kamis (21/1).

Kepada Riau Pos, Mailarwita menjelaskan, YBM-BRI merupakan lembaga amil zakat nasional yang menghimpun dana zakat dari seluruh pekerja BRI muslim seluruh Indonesia yang dikelola untuk kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan. BUMT ini termasuk dalam serangkaian kegiatan memperingati HUT ke-120 BRI, YBM-BRI membuat kegiatan-kegiatan yang berdayaguna bagi masyarakat luas, salah satunya pemberian modal usaha bagi majelis taklim.

“YBM-BRI dibentuk tahun 2001, yayasan ini bertujuan untuk menyalurkan zakat pekerja BRI muslim. Dimana zakat sebesar 2, 5 persen dikumpulkan dan dikelola untuk kegiatan sosial dan kemanusiaan,“ ujar Mailarwita.

Ditambahkan Sutrisno, BUMT adalah program pemberdayaan ekonomi majelis taklim yang anggotanya tergolong mustahik dan berada di sekitar unit kerja BRI. Bantuan usaha bersifat kelompok dengan menjual produk usaha tertentu.

“Program ini merupakan bentuk nyata kepedulian YBM dan unit kerja BRI terhadap majelis taklim terdekat yang ada di lingkungannya,“ ujar Sutrisno.

Dikatakannya, program ini bertujuan meningkatkan penghasilan mustahik yang tergabung dalam majelis taklim melalui penambahan modal usaha yang dijalankannya, memunculkan suatu produk yang bernilai jual produksi majelis taklim dan menjadi binaan YBM-BRI unit kerja. “Program ini merupakan bentuk pemberdayaan produktif dana zakat YBM-BRI dan total bantuan dana yang kita berikan sebesar Rp 80.700.000,” tambah Sutrisno.

Perwakilan pengurus majelis taklim Kelurahan Tampan Sri Ningsih berharap, “Mudah-mudahan dengan adanya bantuan modal usaha dari YBM-BRI kepada mejelis taklim, usaha ini bisa dikembangkan dan mengajak majelis taklim lainnya untuk membuat kelompok usaha sehingga pemberdayaan ekonomi majelis taklim,” ujar Sri.

Sumber : Riau Pos, 23 Januari 2016