Ubi Casesa Bupati

Ubi Casesa Bupati

  • Post published:September 4, 2020

Sabtu (29/08), Bupati Siak, Bapak Alfedri turut memanen ubi casesa kelompok PKUR Kecamatan Pusako, Riau.

Kelompok PKUR ini terbentuk pada tahun 2018 lalu. Alhamdulillah sampai saat ini modal usaha yang diberikan YBM BRI dimanfaatkan kelompok untuk menanam ubi di luas lahan hingga 2 hektar.

Dalam sambutannya Bapak Alfedri mengucapkan selamat karena ubi casesa yang ditanam kelompok PKUR akhirnya panen.

“Kalau kita lihat dari keuntungan pertahunnya keuntungan menanam ubi lebih besar dari pada sawit. Menanam ubi bisa menghasilkan 70 sampai 80 juta perhektar dalam kurun waktu setahun, sedangkan sawit hanya sekitar 25 juta perhektar”, jelas Alfedri.

Namun faktanya kelompok PKUR belum bisa mencapai potensi keuntungan yang disampaikan oleh Bupati karena adanya pandemi covid 19, sehingga harga jual ubi cenderung turun. Pada panen kali ini kelompok PKUR dapat memanen ubi sebanyak 70 ton.

“Untuk saat ini yang menjadi kendala bagi kami sebagai kelompok tani adalah modal, pemasaran serta harga jual yang rendah. Kami mohon kepada Bapak Bupati dan jajarannya untuk mencari solusi terbaik dari masalah kami”, ungkap Suherman, ketua kelompok PKUR.

Selain itu Bapak Alfedri juga berpesan jika mendapatkan keuntungan panen jangan lupakan manajemen pertanian, yakni menyisihkan modal untuk masa tanam berikutnya.