TORBOS KS IPB

TORBOS KS IPB

  • Post published:6 Agustus 2019

Dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia, Rahmatun Nisful (Kader Surau Putri IPB) bersama dengan tim Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) IPB memberikan sumbangsih inovasi produk pangan “TORBOS” atau Torbangun Instant Noodle. TORBOS merupakan produk mie instan yang berkhasiat sebagai pereda nyeri datang bulan dan membantu memperlancar produksi air susu ibu (ASI).

Rahmatun Nisful menjadi salah satu peserta yang lolos Pimnas ke-32 dengan membawa produk TORBOS ini. Mie yang terbuat dari produk mie instan dengan campuran daun Torbangun (Coleus amboinicus Lour), mengadung senyawa fitokimia bermanfaat salah satunya adalah senyawa lactagogum yang dapat meningkatkan produksi air susu ibu (ASI). Selain itu dalam tanaman ini juga terkandung mineral-mineral penting sebagai pereda rasa nyeri saat datang bulan.

Torbangun merupakan jenis tanaman semak yang telah diteliti oleh IPB dan diketahui mengandung berbagai senyawa fitokimia yang bermanfaat. Kandungan zat lactogogum dalam torbangun dapat meningkatkan produksi ASI berkualitas. Selain itu, dalam daun torbangun juga dilaporkan mengandung berbagai mineral seperti Zn, Ca, dan Fe yang bermanfaat untuk meredakan nyeri datang bulan. Komponen-komponen tersebut sangat diperlukan bagi wanita karir yang dituntut untuk selalu aktif dalam melakukan pekerjaan.

Kini, TORBOS Instant Noodle telah merekrut 2 karyawan ibu rumah tangga di daerah Taman Dramaga Permai untuk membatu proses produksi. Tim TORBOS akan terus melakukan inovasi dalam jangka panjang dengan menggunakan potensi bahan baku lokal untuk pembuatan produk mie yang nantinya dikombinasikan dengan berbagai manfaat dari tanaman lokal. Inovasi ini juga diharapkan dapat memberdayakan dan mengedukasi masyarakat tentang betapa banyaknya potensi senyawa alami tumbuhan yang bermanfaat di Indonesia.

Selamat ya sist Rahma atas prestasi yang berhasil diraih. Semoga bisa terus berkarya, berinovasi, dan berkontribusi bagi negeri!

Yuk sob bantu lebih banyak Kader Surau agar bisa berprestasi dengan donasi ke:
Rekening BRI 0206-01-005680-30-6 (Zakat)
Rekening BRI 0206-01002801-30-1 (Infaq)
Jangan lupa konfirmasi ke mimin ya di 082112444549