TETEP PUASA SEHAT DI TENGAH PANDEMI

TETEP PUASA SEHAT DI TENGAH PANDEMI

  • Post published:19 April 2021
  • Post comments:0 Comments

Bagi seorang muslim kedatangan Ramadhan akan disambut dengan penuh syukur dan kegembiraan walaupun Ramadhan masih dalam keadaan pandemi. Ramadhan datang sebagai menguat dan bentuk kebahagiaan yang Allah hadirkan ditengah kecemasan.

Ramadhan merupakan bulan maghfirah, rahmat untuk menuai pahala, membangun taqwa agar menularkan kebaikan setelah Ramadhan usai. Berpuasa di bulan Ramadhan tidak dapat menjadi alasan untuk tidak produktif apalagi di saat pandemi seperti ini tubuh membutuhkan banyak energi. Faktanya puasa tapi rebahan aja justru membuat badan semakin kurang enak & mudah sakit. Berikut tips tetap sehat, produktif tapi ibadah tetap jalan:

1.Penuhi kebutuhan Gizi dan Air saat Berbuka

Penting untuk memiliki kekebalan tubuh esktra saat bulan Ramadhan, gizi dan mineral yang cukup dapat mempertahankan stamina yang diperlukan dan meminimalisir risiko terinfeksi Covid-19.

Untuk kebutuhan cairan dapat menggunakan pola 2 – 4 – 2. 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih malam hari, 2 gelas air putih saat sahur. Agar tetap terjaga produktivitas maka jangan lewatkan sahur karena sahur sebagai pengganti sarapan untuk bekal energi menjalani aktivitas selama berpuasa.

2.Tetap olahraga

Berpuasa tidak dapat menjadi alasan untuk absen berolahraga, guys. Dengan berolahraga tubuh menjadi lebih rileks dan segar. Olahraga selama bulan puasa dapat dilakukan secara ringan namun tetep menjaga kebugaran seperti yoga atau latihan kekuatan tubuh. Hindari pemilihan olahraga yang dapat membuat dehidrasi dan kelelahan. Olahraga dapat dilakukan setelah sahur atau ketika memiliki waktu luang.

3.Hindari Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak dapat menyebabkan kekenyangan yang akan mengganggu aktivitas karena perut kembung dan mengantuk. Konsumsi makanan yang secukupnya serta pastikan sudah memenuhi kebutuhan asupan gizi tubuh.

4.Lakukan Physical Distancing dan Kebersihan Diri

Penetapan physical distancing tetap harus dilakukan dan mengganti aktivitas di luar rumah sebisa mungkin dengan di dalam rumah, melakukan ibadah tarawih dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Selain itu menjaga kebersihan diri juga penting, di bulan suci sebagai ladang pahala untuk bersedekah dan ingin melakukannya maka harus memperhatikan pembatasan fisik, tidak menciptakan kerumunan, menggunakan masker, hindari menyentuh wajah dan selalu mencuci tangan dengan air dan sabun.

YBM BRI membersamai kontribusi Sobat BRIlian untuk tetap menjaga tradisi kebaikan Ramadhan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan melalui program Ramadhan BRIman. Yuk ambil bagian dari menjaga tradisi kebaikan Ramadhan dengan memberikan donasi terbaik untuk ciptakan kebahagiaan mereka!

Donasi Disini

#MemberiMaknaIndonesia #RamadhanBRIman #SobatBRIlian #Ramadhan #BankBRI #MudikVirtual #GerobakBersemangat #THR #HadiahPahlawanLebaran #ParcelLebaranYatim #Sehat #Produktif.

Sumber

https://www.halodoc.com/artikel/tips-puasa-tetap-lancar-di-tengah-pandemi-corona

Tinggalkan Balasan