Tanggap Banjir Semanan

Tanggap Banjir Semanan

  • Post published:Januari 8, 2020

KALIDERES – JAKARTA, banjir yang melanda beberapa titik di wilayah Ibukota sejak Selasa malam (31/12) masih terus menggenang. Salah satunya di Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. Bapak Jaya, salah satu penyintas di wilayah Semanan mengatakan, “Banjir yang terjadi di wilayah Semanan cukup bervariasi, mulai dari semata kaki hingga ketinggian 2 meter, tergantung lokasi.”

Kediaman Bapak Jaya yang berada di RW 02, kini masih digenangi air setinggi 1,5 meter dan hanya dapat dijangkau dengan menggunakan perahu karet ataupun getek.

“Hanya ada satu posko utama di kolam renang TSI yang dikelola Polairud. Sisanya warga pada berkelompok aja buat beberapa tenda pengungsian,” kata Pak Jaya.

Salah satu Tim Tanggap Bencana YBM BRI yang ikut terjun ke lokasi bencana (Irfanul Arifin) mengatakan, “Agak kesulitan menghitung jumlah pasti posko yang ada di Semanan, karena akses yang berat bila dilalui kendaraan bermotoratau jalan kaki, karena coverage banjir yang luas.”

Pemerintah setempat mengimbau kepada warga Semanan, Kalideres untuk dapat mengungsi ke posko-posko yang telah tersedia. Beberapa warga berinisiatif membangun posko di sekitar rel kereta area Stasiun Kalideres.

Adapun bantuan yang diharapkan oleh warga sekitar, YBM BRI menghadirkan 250 paket makanan siap santap kepada warga Kp Bulak, Pesakih, Semanan pukul 22.20 WIB malam ini (02/01).

Hingga saat ini YBM BRI terus berupaya untuk menjangkau daerah yang belum tersentuh. Berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, YBM BRI bersama Bank BRI masih terus menyalurkan bantuan ke daerah banjir DKI Jakarta.