Suparman IP2BK Lampung

Suparman IP2BK Lampung

  • Post published:26 Juli 2019

Lampung. Suparman, salah satu anggota Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Keluarga (IP2BK) ini sedang menggarap ladang sendirian, karena istrinya sedang menunggu orang tuanya yang dirawat di rumah sakit sebab mengalami ginjal bengkak. Suami dari Ismiatun ini mengalami kebutaan sejak 12 tahun yang lalu.

Meski hanya dengan insting dan meraba, kami dapati beliau sedang memanen ubi menggunakan cangkul. Betapa Allah Maha Adil telah menjamin rezeki bagi semua makhluk ciptaannya, tapi kita diperintahkan untuk menjemput rezeki tersebut sebagai ikhtiar yang dinilai sebagai ibadah.

Suparman tinggal di Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan bersama istri dan 3 anaknya yang masih usia sekolah. Sehari-hari beliau berangkat ke ladang pagi hari dengan diantar oleh anaknya sebelum ke sekolah dan di jemput pada sore harinya. Meski diuji dengan kebutaan total karena glukoma, beliau tidak pernah sekalipun meninggalkan ibadah shalat wajib. Beliau sudah menyiapkan air dengan dirigen yang dibawa dari rumah untuk berwudu.

Sambil berbincang ringan beliau menceritakan kisah beliau saat pertama kali menderita kebutaan, betapa beratnya sang istri harus menggantikannya mencari nafkah. Beberapa macam pengobatan sudah dijalankan, namun kesimpulan dari dokter spesialis bahwa Suparman tidak bisa dioperasi karena glukoma yang dimilikinya. Dengan kelapangan hati, Suparman menerima ujian ini. Suparman yakin bahwa Allah bukakan pintu-pintu rezeki dari banyak jalan, beliau pun menjadi terbiasa untuk beraktivitas tanpa bisa melihat.

Sejak menjadi peserta IP2BK YBM BRI beliau mendapatkan tambahan modal untuk menanam jagung, bantuan beasiswa pendidikan untuk anak-anaknya, dan tunjangan kesehatan. Selain itu keluarga beliau juga mendapatkan pembinaan tentang ketahanan keluarga. Semoga kedepan keluarga beliau lebih bahagia dan sejahtera.

Sob, mari bantu Suparman agar bisa mandiri dengan keterbatasan yang dimiliki. Yuk bergandeng tangan dan kirim donasimu ke:
Rekening BRI 0206-01-000968-30-1 (Zakat)
Rekening BRI 0206-01002801-30-1 (Infaq)
Jangan lupa konfirmasi ke mimin ya di 082112444549