Sukses Usaha Ternak

Sukses Usaha Ternak

  • Post published:Maret 20, 2020

“Sejak ada usaha ayam petelur di pesantren, santri-santri di sini bisa makan telur setiap senin,” ungkap Kyai Sofatudin, selaku pengurus Pondok Pesantren Darul Hikmah Syekh Ciliwulung, ponpes binaan YBM BRI yang terletak di Banten.

Ayam petelur menjadi salah satu unit usaha yang sukses dikembangka n Pondok Pesantren Darul Hikmah Syekh Ciliwulung. Setelah mendapat Bantuan Usaha Milik Pesantren (BUMP) dari YBM BRI, usaha di Ponpes terus berkembang dan mengalami kemajuan. “Awalnya usaha ayam petelur, setelah delapan bulan berjalan keuntungan hasil penjualan telur bisa buat buka usaha baru dan kami memilih ternak lele,” ungkap Kyai Sofatudin.

Setiap hari para santri memberi makan dan minum ayam, mengumpulkan telur, dan menjual telur. Dengan kendang seluas 15×4 meter para santri merawat 707 ekor ayam dan setiap hari panen telur. Pengurus ponpes dan para santri mendapat keterampilan baru setelah mendapatkan bantuan usaha dari YBM BRI.

“Santri punya keterampilan baru yaitu mengelola peternakan ayam, pengetahuan mereka bertambah seiring waktu mulai dari penanganan penyakit ayam, sampai tau seluk beluk ayam petelur,” jelas Kyai Sofatudin.

Lebih lanjut Kyai juga menjelaskan bahwa awalnya cukup kesulitan karena pengurus ponpes belum tahu cara berternak ayam petelur, “Sempat panik ketika ayam banyak mati, ayam tidak bertelur. Saya konsultasi dengan pendamping lalu diberikan motovasi dan sama-sama cari solusi. Seiring berjalan waktu maka lama-lama biasa dan terbiasa.

“Terima kasih YBM BRI atas bantuan usaha untuk ponpes ini. Saya dapet ilmu baru dari budidaya ayam petelur ini. Saya juga mendapatkan penghasilan tambahan dari sini,” kata Yusuf, salah satu santri Darul Hikmah Syekh Ciliwulung.