STBK, Perekah Bahagia dan Penuntun Pola Hidup Bersih Sehat Masyarakat Tumpak Dawung

  • Post published:22 Maret 2017

YBM_STBK Perekah Bahagia dan Penuntun Pola Hidup Bersih Sehat Masyarakat Tumpak Dawung1

MALANG — Hari ini, seluruh dunia merayakan Hari Air yang jatuh pada 22 Maret setiap tahunnya. Sebagai kebutuhan dasar, air bersih dan sanitasi yang layak begitu dibutuhkan semua manusia di dunia.

Turut memeriahkan Hari Air Sedunia, Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI), menghadirkan akses sanitasi dan air bersih bagi warga Desa Tumpak Dawung, Gedangan, Kabupaten Malang. Akses tersebut bergulir melalui program sosial Sanitasi Total Berbasis Komunitas (STBK). Melalui pembangunan STBK senilai Rp. 108.519.000,- tersebut, masyarakat akan semakin mudah dalam mengakses air dan menerapkan pola hidup sehat di lingkungan tempat tinggalnya.

“Dengan berdirinya STBK ini, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat semua. Sehingga, kedepannya dapat menerapkan pola hidup bersih sehat, dan memiliki manfaat berkelanjutan yang luar biasa,” ungkap Priyono Soekaryo, selaku Ketua YBM-BRI Kanwil Malang.

Dalam peresmian STBK tersebut turut hadir Anjar, selaku Kepala Bagian Logistik BRI Kanwil Malang, Rino Nugroho, Pengurus Seksi Pendayagunaan sosial YBM-BRI Kanwil Malang, dan sejumlah jajaran Muspika Kecamatan Gedangan. Soelan, selaku Kepala Desa Tumpak Dawung, bersama perwakilan dari Puskesmas, Kepolisian dan Kecamatan, menyambut hangat tim dari YBM-BRI saat menggulirkan Semangat Berindonesia dari program tersebut.

“Saya mewakili warga Tumpak Dawung, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada BRI dan YBM_STBK Perekah Bahagia dan Penuntun Pola Hidup Bersih Sehat Masyarakat Tumpak Dawung2YBM-BRI. Kini masyarakat di sini, akhirnya memiliki sarana sanitasi yang lengkap dengan air bersih. Sehingga tak kerepotan lagi akan akses-akses tersebut,” ucap Soelan, selaku Kepala Desa Tumpak Dawung dalam pidato sambutannya.

Nah, kalo ini masyarakat yang mayoritas tak memiliki fasilitas MCK dan air bersih di Desa Tumpak Dawung, dapat merekahkan senyum bahagia atas berdirinya STBK. Di musim kemarau nanti, mereka juga tak kerepotan lagi mencari air bersih. Sehingga kegiatan ibadah dan kebutuhan akan air setiap harinya, dapat diakses dengan mudah di STBK.