Siap Berkarya di Era Digital, Mahasiswa Kader Surau Dibekali Pelatihan Videografi

  • Post published:16 September 2017

SEMARANG — Sabtu (16/9) merupakan hari yang bersemangat bagi mahasiswa penerima beasiswa Kader Surau Universitas Diponogoro (UNDIP). Mereka sangat berantusias untuk mengikuti pelatihan videografi yang diberikan oleh YBM BRI sebagai salah satu bentuk pembinaan untuk semua mahasiswa Kader Surau. Menariknya dari pelatihan videografi kali ini adalah karena perangkat yang digunakan cukup hanya dengan menggunakan smartphone. Tidak hanya untuk mahasiswa Kader Surau UNDIP, pelatihan serupa juga akan digelar sepanjang bulan September sampai dengan November di masing-masing RLU kampus penyelenggara beasiswa kader surau tahun 2017.

Kegiatan yang diselenggarakan di Rumah Layanan Umat (RLU) Kader Surau UNDIP di Jln. Bulusan selatan, Kecamatan Tembalang  ini bertujuan untuk memberikan kompetensi pengolahan video bagi mahasiswa kader surau agar mampu menginspirasi  orang lain melalui karya karya video yang unik, dan kreatif. Pelatihan yang diikuti oleh 17 orang peserta, yang terdiri dari 5 orang kader surau angkatan 2016, dan 12 orang kader surau angkatan 2017 ini berlangsung selama dua hari yaitu 16-17 September 2017.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bidang jurnalistik yakni Firtra Ratory (Jurnalis TV One)  dan Wendiyanto (Jurnalis Bloomberg). Materi yang disampaikan antara lain; materi dasar tentang teknik – teknik pengambilan gambar, analisis unsur – unsur dalam video, dan analisis video yang tengah viral. Tidak selesai sampai disitu, tiap peserta diharuskan memproduksi video berdurasi 1 menit. Selama proses produksi video peserta juga mendapatkan pendampingan penyusunan script. Lebih dari itu, video hasil  karya peserta ditampilkan dan dipresentasikan dihadapan seluruh peserta pelatihan, hal ini daharapkan agar peserta mampu mengupas lebih dalam lagi penerapan teori-teori videografi yang telah didapatkan.

“Alhamdulillah, terimakasih banyak YBM BRI sudah memberikan pelatihan videografi kepada kami. Ternyata pembuatan karya video yang berkualitas tidak semudah yang dibayangkan. Banyak sekali teori atau aturan dasar yang belum kami tahu. Ini sangat bermanfaat bagi kami, anak muda yang hidup di era digital seperti sekarang ini” Ujar Ruci salah satu peserta pelatihan.