You are currently viewing Seindah Apa sih Rupa Rasulullah?

Seindah Apa sih Rupa Rasulullah?

  • Post published:19 Oktober 2021

Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam adalah orang yang paling indah penampilan fisiknya dan paling sempurna kepribadiannya. Kesempurnaan dan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh insan lainnya. Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam sangatlah rupawan, seperti dibentuk dari perak. Bahkan ada orang yang memeluk agama islam karena melihat keindahannya.

Jabir Radiyallahu anhu juga berkata: “Aku melihat Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam pada malam bulan purnama, beliau mengenakan kain merah. Aku memandang beliau dan bulan, ternyata beliau lebih indah dan bercahaya dibandingkan bulan purnama” (Al – Mukhtashar Hadits No. 8). Rasulullah SAW memiliki paras muka yang manis dan indah, perawakannya sedang, tidak terlalu tinggi juga tidak pendek, dengan bentuk kepala yang besar, berambut hitam antara keriting dan lurus. Para sahabat menghitung jumlah uban di rambut dan janggut Beliau tidak mencapai dua puluh helai.

Dahinya lebar dan rata di atas sepasang alis yang lengkung lebat dan bertaut. Sepasang matanya lebar dan (bagian inti matanya) hitam pekat, di tepi-tepi putih matanya agak kemerah-merahan, tampak lebih menarik dan kuat; pandangan matanya tajam dengan bulu mata yang panjang dan hitam pekat.

Hidungnya halus dengan dan merata dengan barisan gigi yang putih, sempurna dan bercelah-celah, suaranya merdu dan renyah. Cambangnya lebat sekali, berleher agak panjang dan indah. Dadanya lebar dengan kedua bahu yang bidang. Warna kulitnya terang dan jernih dengan kedua telapak tangan dan kakinya yang tebal dan lebih halus dari sutra.

Bila berjalan badannya agak condong ke depan, melangkah cepat, dan pasti. Air mukanya membayangkan (seseorang yang penuh) renungan dan penuh pikiran, pandangan matanya menunjukkan kewibawaan, hingga membuat orang patuh kepadanya.

Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam memiliki aroma yang sangat wangi, aroma keringatnya seperti parfum. Ketika menjabat tangan Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam, para sahabat akan mempertahankan wangi tangan Beliau sampai berhari-hari setelah bertemu dengan Beliau. Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam selalu tersenyum meski Beliau sedang sedih maupun senang. Abdullah bin Harith yang mengatakan bahwa ia tidak pernah menemukan seseorang yang tersenyum sebanyak Nabi Muhammad.

Saat siang hari Nabi Muhammad membawa sukacita bagi ummat-nya. Beliau tersenyum dari kemurahan hatinya. Sedangkan pada malam hari, tidak ada pria yang menangis lebih dari Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam saat berada di hadapan Allah untuk membawa sukacita, kebahagiaan, dan kelegaan bagiĀ ummat-nya yang diberkahi.

 

Sumber :

https://www.youtube.com/watch?v=GOPiPx5tvBO&list=PLQ02IYL5hHvZ2LKQVeey8H-2XBKMGb&index=4

https://almanhaj.or.id/3406-ciri-fisik-rasulullah-yang-sempurna.html

https://republika.co.id/berita/poc2cj458/seperti-apa-rupa-fisik-nabi-muhammad-saw

https://umma.id/articles/share/id/1002/385337

https://republika.co.id/berita/qbozvj430/abdullah-bin-harith-saksikan-rasulullah-banyak-tersenyum