Rumput Laut Mahdiah

Rumput Laut Mahdiah

  • Post published:September 22, 2020

Pandemi Covid 19 yang melanda Indonesia sejak Maret lalu juga berdampak pada masyarakat Kepulauan Seribu, Jakarta. Sebagian besar penghasilan masyarakat yang mayoritas bekerja di sektor pariwisata turun seiring dengan merosotnya jumlah kunjungan wisatawan.

Mengetahui kondisi tersebut YBM BRI Kanwil Jakarta 1 berinisiatif membentuk kelompok PKUR di Wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta. Dengan memanfaatkan salah satu komoditas primadonanya yaitu rumput laut, perlahan YBM BRI berikhtiar mendongkrak perekonomian penerima manfaat kelompok PKUR yang berjumlah 10 orang.

Salah satunya Ibu Mahdiah. Warga Pulau Pangang ini sebelumnya berprofesi sebagai penjual nasi dan mie goreng serta minuman di daerah wisata. Namun sejak covid 19 dagangan Ibu Mahdiah sepi pembeli.

Alhamdulillah setelah menjadi anggota kelompok PKUR Olahan Rumput Laut Ibu Mahdiah berhasil menjual 430 bungkus sejak Juli lalu. Ibu Mahdiah menjual berbagai macam olahan rumput laut seperti dodol rumput laut, manisan rumput laut, dan kerupuk rumput aut.

“Alhamdulillah terima kasih YBM BRI sudah membantu usaha rumput laut saya. InsyaAllah modal yang diberikan bisa bermanfaat bagi saya dan usaha rumput laut saya bisa laris,” ujar Ibu Mahdiah.

Semoga produk olahan rumput laut khas Kepulauan Seribu Ibu Mahdiah dan anggota kelompok lainnya mampu menarik keinginan wisatawan untuk membeli. Sehingga dapat menambah penghasilan mereka.