Rumah Quran Darurat di Lombok

Rumah Quran Darurat di Lombok

  • Post published:3 Oktober 2018

Lombok Utara, 07 September 2018. YBM BRI Kanwil Denpasar melaksanakan peresmian Rumah Quran di Dusun Pande Lauk Desa Sesait Kec. Kayangan Kab. Lombok Utara (KLU). Rumah Quran merupakan bentuk kerjasama YBM BRI dengan Askar Kauny, sebuah lembaga non-profit yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan dan memfokuskan diri pada pembinaan dan pengembangan ilmu Alquran, khususnya Tahfizhul Quran.

Bentuk bantuan ini mengusung konsep musholla darurat yang didirikan dari tenda, digunakan sebagai pusat aktivitas sholat, belajar mengaji, dan menghafal Alquran dengan metode khusus yang disampaikan oleh para guru ngaji dari Askar Kauny, dengan sasaran para korban terdampak yang terdiri dari anak-anak, remaja, dan orang tua. Tujuan dibangunnya Rumah Quran ini ialah trauma healing.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Kabupaten Lombok Utara Bapak H. Najmul Ahyar, SH, MH, Camat Kayangan Bapak Mutohir, Direktur Program Askar Kauny Bapak Hilal Achmad, dan Pemimpin Ponpes Al-Ikhwan Kyai Sidep.

Pendirian Rumah Alquran darurat berada di dua titik, yakni di wilayah Dusun Sumur Pandei Lauk, Desa Sesait Kec. Kayangan KLU dan Dusun Batu Koq, Desa Senaru Kec. Bayan KLUĀ  dengan total bantuan sebesar Rp. 49.190.000 yang diperuntukan untuk pembangunan sarana, perlengkapan belajar, pengadaan Al-Quran, dan operasional kegiatan pembelajaran. Adapun penerima manfaat bantuan ini sebanyak 150 orang.

Dengan adanya bantuan berupa program pembinaan pembacaan dan hafalan AlQuran ini, diharapkan para korban bencana di wilayah tersebut dapat meingkatkan kekuatan mental yang didasari pada aspek-aspek keagamaan yang berdampak kepada kondisi sosial di lingkungan terdampak bencana.