PKUR Singkong Medan

PKUR Singkong Medan

  • Post published:17 September 2018

Simalungun, 18 Agustus 2018. Dalam suasana memperingati hari Kemerdekaan RI ke 73 tahun, YBM BRI Kanwil Medan kembali mengadakan Launching Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR) unit usaha budidaya singkong dan kacang tanah. Kegiatan ini dilaksanakan di areal pertanian KTNA di Desa Puba Sari Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Total bantuan yang diberikan berupa dana modal usaha senilai Rp 190.480.000.

Hadir dalam kegiatan tersebut bapak Varia Maradona ketua YBM BRI Kanwil Medan, Jon Eriadi Pelaksana Harian YBM BRI Kanwil Medan, ibu Agustaria petugas PPL Kec. Tapian Dolok, bapak Nurdi Darma pendamping program, peserta program dari kelompok Tani Maju Bersama Desa Purba Sari dan Kelompok Tani Maju Jaya kelurahan Sinaksak.

“Bapak ibu, selama ini kami hanya menjadi buruh tani dilahan pertanian ini karena kami tiada modal untuk menyewa lahan, Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini sekarang kami bisa menyewa lahan yang cukup luas, yang akan kami tanami dengan singkong dan kacang tanah dengan tekun dan telaten, sehingga dapat panen yang baik, kami yakin dapat sukses dan harapan untuk menjadi muzakki zakat dapat terwujud, ” ucap salah seorang anggota PKUR.

Ibu Agustaria sebagai petugas PPL menyampaikan potensi ekonomi pertanian yang ada di Desa Purba Sari, menurutnya komoditas unggulan dilahan Desa Purba Sari ini adalah singkong dan kacang tanah, tetapi beberapa waktu terakhir ini kacang tanah sedang terkena wabah hama yang belum terkendalikan sehingga beliaukami menyarankan untuk sementara tidak menanam tanaman tersebut.

“Bapak ibu yg memberikan Rizki itu adalah Allah, oleh sebab itu agar usaha ini berhasil dan dimudahkan urusan nya kita harus minta bantuan dari Allah, selain kita sudah bekerja secara maksimal jangan lupa kita melakukan ibadah sholat wajib, banyak bersedekah dan melaksanakan sholat Dhuha insyaallah usaha kita akan disukseskan oleh Allah SWT, Amiin” demikian nasehat bapak Varia Maradona.