PKUR Emping Ormen

PKUR Emping Ormen

  • Post published:25 Juli 2019

Pandeglang. Menes dikenal sebagai daerah penghasil emping dan keceprek. Daerah ini merupakan nama kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Banten. Kecamatan Menes ini terdapat puluhan usaha skala rumah tangga yang mengolah biji buah pohon melinjo menjadi emping dan keceprek.

YBM BRI melihat ini sebagai peluang untuk lebih banyak lagi yang tergabung dalam program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR), yaitu dengan membentuk Kelompok Emping Ormen. Melalui program PKUR, ibu-ibu di sekitar Kampung Menes kini memiliki kegiatan usaha yang bisa menambah penghasilan bulanan, disamping penghasilan para suami yang bekerja sebagai petani dan buruh.

Kelompok Emping Ormen ini sudah memiliki rumah produksi sendiri yang dinamakan Rumah Produksi Ormen. Dengan bantuan modal dan pendampingan yang diberikan YBM BRI, usaha yang dijalankan ini bisa terus berkembang. Setiap bulan ada peningkatan penjualan sehingga kelompok ini bisa merekrut ibu-ibu di sekitar rumah usaha untuk menjadi karyawan. Kehadiran rumah produksi ini membawa manfaat bagi masyarakat, terutama dalam mengurangi angka pengangguran. Dalam sebulan Ormen bisa menjual emping dan keceprek hingga 120kg.

“Alhamdulilah, pemasaran kami selain di Menes sudah sampai ke luar kota. Dan harapannya bisa sampai luas lagi. Dan saya pun juga berharap adanya Rumah Produksi Ormen ini bisa meningkatkan taraf ekonomi para anggota kelompok PKUR dan karyawan. Semoga semakin giat ibu-ibunya,” ungkap Osy, pendamping Kelompok Emping Ormen Mantul.

“Terima kasih YBM BRI atas bantuan modal dan pendampingan yang diberikan. Alhamdulillah selama ada kelompok Ormen ini bisa membantu kebutuhan ibu sehari-hari, bisa nambah uang belanja. Mudah-mudahan kedepannya lebih sukses lagi, lebih maju dan lebih langgeng usaha yang dijalankan ini,” ungkap Ibu Uwen, penerima manfaat program PKUR.

Sob, mari bersinergi bersama YBM BRI agar lebih banyak usaha rumahan yang berkembang dengan bantuan PKUR.
Kirimkan donasi kamu melalui :
Rekening BRI 0206-01-000968-30-1 (Zakat)
Rekening BRI 0206-01002801-30-1 (Infaq)
Jangan lupa konfirmasi ke mimin ya di 082112444549