Pensiun Jualan Bakso, Kini Beralih Ke Ternak Kambing

  • Post published:20 Mei 2017

Pensiun Jualan Bakso, Kini Beralih Ke Ternak Kambing1

MALANG — Dahulu, pekerjaannya adalah keliling dari kampung ke kampung, untuk menjajakan bakso. Ya, itulah profesi awal Laib (65), sebelum menjadi peternak kambing dari program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR), dari Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI). Usia yang mulai menua dan juga kondisi pasar yang lesu, membuat Laib, memutuskan tak lagi berjualan bakso sejak beberapa tahun belakangan.

Kini pria yang juga berprofesi sebagai marbot masjid di Wagir, Malang, Jawa Timur, telah mantab merintis ternak kambing dari binaan YBM-BRI. Awal 2017, Laib, mendapatkan bantuan kandang dan sejumlah kambing. Selain itu juga beberapa pelatihan dan tips beternak kambing dari YBM-BRI ia dapatkan bersama penerima manfaat PKUR ternak kambing yang lain.
Pensiun Jualan Bakso, Kini Beralih Ke Ternak Kambing2
“Alhamdulillah, di usia saya yang sudah lanjut ini, ternyata masih ada yang memperhatikan. Bantuan dari YBM-BRI ini, sangat membantu perekonomian keluarga saya. Setelah tak lagi berjualan bakso keliling, ya ini kesibukan saya, merawat ternak-ternak bantuan YBM-BRI,” ungkap Laib, dengan wajah bahagia.

Laib pun menambahkan, YBM-BRI tak hanya membantu dirinya dari sektor perekonomian saja. Tetapi ia juga mendapat perhatian dari segi kesehatan. Ia menuturkan bahwa beberapa waktu lalu, juga mendapatkan bantuan kacamata dari YBM-BRI.Pensiun Jualan Bakso, Kini Beralih Ke Ternak Kambing3

“Tak hanya kandang dan kambing. Waktu itu saya juga dapat bantuan kacamata. Alhamdulillah membantu sekali, terlebih untuk membaca,” tambah Laib.

Ya, itulah bukti dari potret Semangat BerIndonesia masyarakat kecil di pelosok Malang. Semoga bantuan yang bergulir terus dapat mengalirkan rezeki dan manfaat berkelanjutan.