Pembenihan Lele Sholehan

Pembenihan Lele Sholehan

  • Post published:5 Oktober 2020

Tidak pernah terpikir oleh Pak Sholehan kalau kini ia menjadi seorang peternak pembenihan lele. Usaha yang dirintisnya sejak 2013 kini menjadi penopang hidup beliau dan keluarga.

“Awalnya terinspirasi dari usaha teman, akhirnya saya tertarik untuk coba usaha lele,” ujar Pak Sholehan.

Sebelumnya Pak Sholehan berprofesi sebagai sopir sampai sales produk makanan demi menghidupi keluarganya. Namun penghasilan yang tidak seberapa membuat Pak Sholehan berinisiatif merintis usaha lain sebagai bentuk ikhtiar untuk menjemput rezekinya.

Akhirnya beliau memulai usaha pembenihan lele. Tentu bukan hal yang mudah memulai usaha baru. Bapak tiga anak ini pernah mengalami kerugian. Tetapi kerugian tersebut tidak membuatnya menyerah.

Melihat kegigihan ditengah keterbatasan Pak Sholehan membuat beliau terpilih menjadi salah satu anggota PKUR Budidaya Pembenihan Lele Desa Kandat, Kediri bersama 9 anggota lainnya. Melalui pendampingan usaha yang dilakukan, Pak Sholehan bersama anggota kelompok bersemangat untuk menjalankan usaha.

Alhamdulillah saat ini usaha Pak Sholehan dalam satu siklus bisa menghasilkan 21 juta dari 8 kolam yang ia dan kelompok miliki, serta mendapat keuntungan mencapai 60% dari hasil yang di dapat. Beliau juga bisa menyisihkan keuntungannya untuk menabung.

“Bersyukur sekali karna sekarang penghasilan saya bertambah. Saya jadi punya lebih banyak waktu untuk keluarga,” ungkapnya.

Berkat kegigihannya ia mampu menjadi sosok yang menginspirasi anggota kelompok lainnya. Semoga atas kegigihan tersebut dapat meningkatkan taraf hidupnya sehingga bisa mengubah status dirinya dari seorang mustahiq menjadi muzakki.