Pelatihan Penanggulangan Bencana

Pelatihan Penanggulangan Bencana

  • Post published:25 November 2019

Lampung, 17 November. YBM BRI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung menyelenggarakan pelatihan penanggulangan bencana bagi penerima beasiswa Kader Surau dan beasiswa BRILIAN di Gedung Kanwil BRI Bandar Lampung.

Acara secara resmi dibuka oleh Amir Mudaris selaku Pelaksana Harian YBM BRI Bandar Lampung. Dalam sambutannya Amir menyampaikan, “Pelatihan Tanggap Bencana ini dilaksanakan sehubungan dengan seringnya terjadi bencana di wilayah Indonesia dan dalam rangka membangun kesiapan dalam mitigasi dan kerelawanan bencana bagi penerima Beasiswa YBM BRI.”

Dalam kesempatan yang sama kepala BPBD Provinsi Lampung, yang diwakili Drs. AGP. Madiono Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan menyampaikan, “Semoga dengan pelatihan ini akan semakin banyak relawan-relawan tanggap bencana yang akan membantu meringankan korban bila terjadi bencana.”

Para peserta mendapatkan pembekalan materi oleh instruktur dari dinas perhubungan provinsi First-AID-MFR, Sandro Sunaryadi berupa teori dasar dan tahapan dalam manajemen kebencanaan serta tindakan mengevakuasi korban (sadar ataupun tidak), memapah, membopong, menggendong, menjulang, menyeret, serta simulasi bencana gempa bumi.

“Kami sangat senang sekali mengikuti kegiatan pelatihan ini, banyak hal baru yang kami dapatkan tentang apa peranan penting mahasiswa dalam aspek kesiapan mitigasi dan kerelawanan bencana, kami akan menyampaikan kepada orang-orang disekitar tempat tinggal kami tentang mitigasi bencana dan berencana mengadakan kegiatan sejenis di kampus untuk mahasiswa yang lain.” Ungkap Imam Munanda, salah satu peserta.