Pelatihan Mitigasi Bencana

Pelatihan Mitigasi Bencana

  • Post published:Januari 8, 2020

Bandung. Bertempat di Aula BPBD Provinsi Jawa Barat, YBM BRI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Pelatihan Mitigasi Bencana Dasar bagi penerima beasiswa Kader Surau ITB dan UNPAD pada tanggal (07/12).

Dalam kesempatan ini, Seksi Mitigasi Bencana BPBD Rahman memaparkan potensi bencana di Indonesia khususnya di Jawa Barat.

“Provinsi Jawa Barat merupakan daerah yang rawan bencana diantaranya bencana pergerakan tanah, banjir dan gunung meletus. Wilayah Kota Bandung dan Jatinangor yang merupakan tempat kuliah dan asrama kader surau pun masuk dalam wilayah yang memiliki potensi bencana, diantaranya potensi bencana akibat pergerakan sesar lembang, letusan gunung tangkuban perahu, longsor dan banjir.”

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Berbagai macam pertanyaan dilontarkan perihal peristiwa kebencanaan yang telah terjadi, solusi dari BPBD dan Pemerintah, serta peran para peserta dalam meminimalisasi korban. Rangkaian materi mitigasi dasar bencana ini, diakhiri dengan simulasi ketika terjadi bencana disesuaikan dengan materi yang telah diberikan, dan foto bersama.

“Acaranya menyenangkan karena ada tambahan simulasi bencana gempa.. Ilmu nya juga bermanfaat, Jadi, jika suatu saat terjadi bencana tidak bingung harus apa. Acaranya juga gak membosankan, karena ada hiburan ketika evakuasi korban.” Qisthi Fadlilah Rahmi, salah satu Kader Surau UNPAD Putri angkatan 4.