Panji Asdos Unand

Panji Asdos Unand

  • Post published:16 Agustus 2019

Padang. Panji Romadhan, Kader Surau Angkatan 3, Mahasiswa Ilmu Tanah Universitas Andalas meraih Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Internasional Seminar-Conggress Indonesian Soil Science (ISCO-ISS) 2019. Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran di The Trans Luxury Hotel Bandung pada 5-7 Agustus 2019.

ISCO-ISS 2019 ini mengangkat tema “Land Resources Management and Agriculture Innovations Towards Sustainable Environment and Food Security”. Dari tema tersebut, Panji bersama tim membahas “Optimalisasi Penggunaan Lahan Dengan Penerapan Integrated Farming System Dalam Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan”.

Panji merupakan salah satu Kader Surau yang aktif mengikuti lomba dan kompetisi ilmiah. “Dalam penulisan karya ilmiah panji selalu membuat kelompok karena kita bisa saling bertukar pendapat. Jika ada perlombaan Saya tidak selalu menjadi ketua supaya bisa berbagi leadership pada teman yang lain,” ungkap Panji.

Bagi Panji, dalam menuju kesuksesan tidak hanya dilalui dengan satu jalan, “sukses itu bisa dilalui dengan banyak jalan, yang penting kita terus berusaha karena usaha tidak pernah mengkhianati hasil,” ungkap Panji.

Panji merupakan salah satu asisten dosen di jurusannya yang memandu mahasiswa melaksanakan praktikum di laboratorium. Panji yang aktif di kegiatan kampus ini selalu menyempatkan diri untuk ke perpustakaan, mencari ide dan inovasi-inovasi terbaru. Dari ide-ide yang Panji dapatkan, biasanya dituliskan dalam bentuk karya tulis ilmiah, walaupun tidak ada perlombaan Panji tetap menulis karya ilmiah karena baginya karya ilmiah mampu merubah mindset banyak orang dengan ide dan inovasi di dalamnya.

Penerima Beasiswa Kader Surau Angkatan 3 ini juga aktif dalam kegiatan masyarakat di sekitar RPM, salah satunya menjadi pengajar di Rumah Belajar.

“Kader surau merupakan suatu hal yang berharga bagi saya karena dapat menuntun saya pada hal-hal yang lebih baik karena di Kader Surau mengajarkan kepada saya sifat kekeluargaan yang saling menasehati dan juga menjaga amal ibadah. Selain itu juga mengajarkan saling berbagai maupun secara materil maupun nonmateril seperti ilmu.”

Selamat ya bro Panji atas prestasi yang diraih. Semoga setiap ide dan inovasi yang dituangkan dalam karya ilmiah bisa menjadi amal baik yang terus mengalir kebermanfaatannya. Semangat berkarya dan berkontribusi bagi negeri!

Yang mau tau lebih lanjut mengenai Esai Panji dan tim cek link ini yak gaes!

http://bit.ly/NaskahKTIPanji