Panen PKUR Bawang Yogyakarta

Panen PKUR Bawang Yogyakarta

  • Post published:3 Oktober 2018

Yogyakarta, 08 September 2018. Telah dilaksanakan Launching Program PKUR Budidaya Bawang Merah Ds. Ngunan Unan, Srigading, Sanden Bantul. Hadir pula dalam kesempatan tersebut; Wakil Ketua Badan Pengurus YBM BRI Bapak Edi Utomo, Bendahara YBM BRI Bapak Henri, Ketua YBM BRI Kanca Bantul Bapak. Zafri Fauzan, Dinas Pertanian Bapak Handono, Lurah Desa Srigading Bapak Wahyu Widodo, Dukuh no 07 Ngunan Unan Bapak Indartono, dan 20 peserta Kelompok PKUR Bawang Merah Ngunan Unan.

Kegiatan ini turut dimeriahkan dengan iringan lagu gebug lesung Condro wiromo, dalam acara tersebut dilakukan simbolis panen bawang beserta simbolis penyerahan Bantuan dari YBM BRI dengan total bantuan senilai Rp 112.850.000.

Alhamdulillah program tersebut dapat meningkatkan pendapatan petani dan ilmu pertanian. Sebelumnya para mustahik hanya bekerja sebagai buruh padi dan jagung. Dengan hadirnya YBM BRI, mereka dapat menyewa lahan dan menjadi petani untuk membudidayakan Bawang Merah yang menjadi produk unggulan desa Ngunan Unan, Srigading, Bantul

Berdasarkan laporan hasil panen yang disampaikan oleh pendamping program, semenjak modal awal usaha dari YBM BRI hingga kini panen ke 2, meningkat menjadi Rp 201.014.000 dengan siklus panen 3 bulan.