Panen Perdana Lele “Berdzikir” Biofloc – 165

  • Post published:Februari 18, 2014

Panen Perdana Budidaya Lele

16 Februari lalu, program Badan Usaha Milik Masjid/Madrasah (BUMM) YBM-BRI yang bekerjasama dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Adz-Dzikra melakukan panen perdananya di Sawangan-Bogor. YBM-BRI memberikan bantuan 25.000 benih lele dengan teknologi Biofloc-165. Panen perdana ini menghasilkan 1260 kg lele dan langsung ludes dibeli oleh jama’ah yang hadir dalam acara dzikir bersama di Ponpes Adz-Dzikra.

Menurut Ustad Izzul koordinator program YBM di Ponpes Adz-Dzikra acara panen perdana lele Biofloc-165 ini bertepatan dengan acara dzikir bersama 1000 jama’ah yang rutin diadakan oleh Ponpes Adz-Dizkra sehingga hasil panen lele langsung dibeli oleh jama’ah dzikir. “Alhamdulillah hasil panen ludes terjual, perkilonya kami hargai 20.000 rupiah. Selain dijual kepada jamaah dzikir hasil panen juga sudah dipesan restoran Padang yang telah bermitra dengan  pondok pesantren,” jelasnya.

Ustad Izzul juga menambakan rencananya setelah panen perdana akan langsung di lakukan pembenihan ke-dua  yang dananya diperoleh dari keuntungan penjualan. Budidaya lele dengan teknologi Biofloc-165 di ponpes Adz- Dzikra dijadikan salah satu program ekonomi YBM-BRI karena memiliki tingkat kegagalan yang tidak mencapai 5 %, hemat air dan padat tebar tinggi, kesehatan ikan lebih mudah dijaga serta tekstur daging lebih baik. Disamping itu budidaya ini  menggunakan jasa konsultan sehingga peternak mendapatkan pengarahan dan bimbingan yang jelas.

Keunggulan dari lele yang dibudidayakan oleh YBM-BRI ini adalah selain menggunakan teknologi budidayanya yang sudah teruji sehingga hasilnya memuaskan. Menurut Ustad Izzul ada hal lain yang menjadi penyebab budidaya lele ini mulus semulus jalan tol adalah cara peternak memperlakukan lele sehari-hari. “Insya Allah Setiap pagi ketika memberi pakan lele, kita coba sambil berdzikir menyebut nama Allah, jadi anggap saja lelenya pun ikut berzikir, dijamin kualitasnya diatas lele-lele lain” ujarnya sambil tersenyum.

Program BUMM di Ponpes Adz-Dzikra ini adalah salah satu program ekonomi  yang di gagas oleh YBM-BRI dalam rangka menjadikan pesantren sebagai basis pergerakan dan peningkatan ekonomi masyarakat disekitarnya. Kedepannya diharapkan pesantren dapat memenuhi  kebutuhan operasionalnya sendiri.  Selain itu melalui program ini YBM-BRI juga sekaligus melatih para santri untuk berwirausaha dan menjadi pengusaha yang mandiri di masa depan.