Panen Ikan Nila Pesanggrahan

Panen Ikan Nila Pesanggrahan

  • Post published:30 Oktober 2018

Badan Pembina Syariah YBM BRI, Prof. Amin Suma dan Dr. Abdurrauf, berkunjung dan bersilaturahim dengan kelompok PKUR budidaya Ikan Nila Desa Pesanggrahan Lombok Timur pada hari Minggu, 23 September 2018.

Kelompok Nila telah memasuki masa panen periode ke 2 dengan total panen saat ini mencapai 4.090 kg. Ikan-ikan tersebut dijual dengan harga Rp 22.000 kg. Pendapatan yang diperoleh pada periode ini sebesar Rp 89.980.000. Alhamdulillah dari hasil keuntungan panen periode I, beberapa anggota telah mulai berwirausaha sendiri dengan membeli pakan dan benih ikan, serta memanfaatkan lahan/kolam sendiri yang dimiliki.

Prof. Amin Suma dan Dr. Abdurrauf mengapresiasi kegiatan usaha kelompok PKUR Nila Desa Pesanggrahan yang telah memulai melakukan program pemberdayaan sederhana kepada sekelompok remaja/pemuda desa. Sasaran program tersebut adalah para remaja/pemuda yang dulu menjalani pergaulan yang tidak baik (peminum, mencuri, nakal). Kelompok remaja diberikan sarana alat cuci motor, dengan harapan dapat menghasilkan uang secara halal dan tidak mengulangi perbuatannya kembali. Prof. Amin Suma menyampaikan bahwa dana zakat merupakan harta yang bersih, Insya Allah jika dimanfaatkan untuk berbisnis maka akan ada keberkahan di dalamnya.

Pada kesempatan tersebut, Badan Pembina Syariah meninjau langsung lokasi kolam dan melihat ikan yg belum dipanen. Kunjungan dan silaturahim diakhir dengan foto bersama anggota kelompok.