PANDEMI BERDAMPAK

PANDEMI BERDAMPAK

  • Post published:5 Agustus 2021

Pandemi Berdampak

Penularan virus yang sangat cepat, membuat sejumlah pasien yang terinfeksi covid-19 begitu meningkat. Peningkatan ini tidak sebanding dengan jumlah tenaga kesehatan dan ketersediaan fasilitas di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan pusat.

Walau dalam keadaan terbatas tenaga kesehatan tetap berjuang untuk membantu pasien untuk sembuh, tidak sedikit tenaga kesehatan yang kelelahan dan tertular. Untuk mengurangi beban tenaga kesehatan pemerintah mengambil langkah pembatasan kegiatan sosial masyarakat.

Upaya ini menghimbau semua kegiatan masyarakat untuk dilakukan di rumah, sehingga jalanan dan beberapa ruang publik menjadi sepi. Banyak sektor dan pengusaha yang terdampak bahkan tak jarang harus mengurangi pembayaran upah pekerja dan memutuskan hubungan kerjanya.

                                                    Penyaluran Bantuan Kepada Pekerja Informal

 

Begitupun dengan para pekerja informal yang harus tetap keluar rumah untuk bekerja, tetap berdagang dengan waktu yang terbatas dan tak jarang harus tutup karena sepi pembeli. Pandemi ini tentu sangat berdampak bagi masyarakat yang tidak memiliki penghasilan dan pekerjaan lain dan yang mengharuskan mereka berjuang dengan menggadaikan keselamatan diri.

Tetap Sedekah Dalam Situasi Pandemi

Melihat situasi yang serba sulit saat pandemi ini, bukankah lebih baik mengurangi pengeluaran dan melakukan penghematan? 

Ets, memang benar saat pandemi ini kita harus memilih dan memilah pengeluaran dan melakukan penghematan. Tapi ada loh Sob kunci agar harta yang dikeluarkan tidak habis dan terus bertambah khususnya di sisi Allah SWT, yaitu dengan bersedekah.

Sedekah memiliki banyak keutamaan, salah satunya sedekah tidak akan mengurangi harta mereka yang menunaikannya. Dalam hadits riwayat Muslim nomor 2.588, Rasulullah bersabda, 

                      “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.”

Melihat dampak dari pandemi yang belum berakhir dapat menjadi kesempatan untuk menambah keimanan dengan melakukan amalan sholeh dan menyisihkan harta untuk membantu mengatasi dampak dari pandemi ini. Nabi Muhammad bersabda

                      “Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Tentu sedekah yang Sobat lakukan dapat memberi manfaat bagi mereka yang sangat terdampak seperti meringankan beban tenaga medis, membantu memenuhi kebutuhan pasien yang sedang berjuang untuk sembuh dan support ambulance, bantuan modal usaha bagi pelaku UKM, dan peduli petugas pemakaman.

Sekecil apapun sedekah yang Sobat berikan, tentu akan bermanfaat bagi mereka. Sobat BRILiaN dapat ikut serta membantu mereka dalam ikhtiar melewati pandemi ini bersama YBM BRI melalui program Covid Response. Hati bahagia kan Sob setelah melakukan kebaikan?

 

 

Salurkan kebaikanmu

No.rek 0206-01-002801-30-1 a.n Dana Infaq Yayasan Baitul Maal BRI

https://ybmbri.org/donasi/

 

Informasi dan konfirmasi

https://wa.me/6282112444549