Opak Wakap Banten

Opak Wakap Banten

  • Post published:Agustus 14, 2019

Banten. Opak ketan termasuk kudapan khas Sunda yang berbahan dasar beras ketan dan memiliki dua rasa, yaitu manis dan asin (gurih). Kuliner tradisional ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat dan Banten termasuk di daerah Pandeglang.

Sebagai salah satu komoditas panganan lokal Banten, opak ketan menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi masyarakat Kampung Wakap, Kelurahan Sukaratu, Kecamatan Majasari, Pandeglang, Banten. Melihat itu YBM BRI turut berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian warga Kampung Wakap dengan memberikan bantuan berupa intervensi program pemberdayaan ekonomi Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR) dalam bentuk kelompok usaha, yakni kelompok PKUR Opak Mandiri.

Kelompok PKUR Opak Mandiri memulai usahanya sejak 2018. Melalui PKUR Opak Mandiri ini ibu-ibu di Kampung Wakap bisa mandiri dalam menjalankan usaha Opak, tidak menjadi buruh lagi.

“Setiap hari, ibu-ibu buat adonan opak dari jam 4 pagi, terus opak dicetak dan dijemur sampai kering yaitu dari jam 7 hingga jam 12 siang. Setelah kering, opak dipanggang di atas bara, sambil dibolak-balik supaya tidak gosong,” ungkap Bu Yantimi (45th).

PKUR Opak Mandiri ini membuat dua jenis produk opak, yaitu opak aneka rasa dan opak gurih. Kini produk PKUR Opak Mandiri sudah masuk ke beberapa supermarket wilayah Banten. Dalam sebulan omzet yang dihasilkan kelompok ini mencapai 70 juta.

“Sebelum dapat bantuan dari YBM BRI, kami kerjaannya buruh opak yang penghasilannya kecil. Alhamdulillah setelah dapat bantuan dari YBM BRI, kami bisa produksi sendiri yang hasilnya bisa buat bayar sekolah anak hingga perbaiki rumah. Terima kasih banyak YBM BRI, semoga program seperti ini bisa lebih banyak lagi yang merasakan,” ungkap Bu Yantimi.

Sob, yuk bersinergi bersama YBM BRI agar lebih banyak usaha rumahan yang berkembang dengan bantuan PKUR.

Kirimkan donasi terbaikmu melalui :
Rekening BRI 0206-01-000968-30-1 (Zakat)
Rekening BRI 0206-01002801-30-1 (Infaq)
Jangan lupa konfirmasi ke mimin ya di 082112444549