Morifa Cegah Corona

Morifa Cegah Corona

  • Post published:30 Maret 2020

Morifa Hand Sanitizer merupakan sebuah inovasi produk hand sanitizer organik berbahan baku daun kelor. Inovasi hand sanitizer ini dikembangkan oleh salah satu mahasiswa penerima Bright Scholarship YBM BRI yaitu Imron Hambyah dan tim PKM Kewirausahaan Universitas Diponegoro. Morifa hand sanitizer merupakan hasil inovasi dan mendapatkan Juara Emas pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2019 Bidang Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti.

Produk ini mampu menjadi solusi praktis dan efektif bagi generasi millenial agar tetap menjaga kesehatan dan kebersihan tangan. Nama Morifa sendiri merupakan singkatan dari nama latin kelor, yaitu Moringa Oleifera.

“Alasan kami menggunakan ekstrak daun kelor karena kami ingin memberdayakan masyarakat dan potensi lokal supaya mempunyai produk yang membanggakan Undip dan Indonesia. Menurut penelitian, daun kelor memiliki sangat banyak manfaat. Dapat digunakan sebagai anti bakteri dan obat-obatan. Daun kelor kami ambil langsung dari kampung observasi di Blora, Jawa Tengah dan bekerjasama dengan pihak sana demi menjaga kualitas dan nutrisinya” ujar Imron.

Hand sanitizer organik ini dinilai lebih menyehatkan dibandingkan dengan hand sanitizer konvensional di pasaran. Kandungan alkohol yang mencapai 60-85% pada hand sanitizer konvensional dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak sehat. Untuk mengatasi hal tersebut, produk ini mengurangi kandungan alkoholnya hingga menjadi 20% dan menambahkan ekstrak daun kelor yang mengandung 46% antioksidan, 86% anti inflamasi, dan kandungan lainnya yang mampu membunuh kuman dan menyehatkan kulit.

“Ekstrak daun kelor menurut penelitian terbukti lebih efektif dibandingkan alkohol maupun vitamin E. Hand sanitizer konvensional banyak mengandung alkohol yang dapat menguapkan kandungan zat-zat anti bakteri sehingga jika dipakai berulang kali maka keefektifan untuk membunuh kumannya akan berkurang dan cepat mengering. Sedangkan, daun kelor tidak mengandung zat yang mudah menguap, ramah lingkungan, dan aman bagi tubuh. Saat mengaplikasikan Morifa Hand Sanitizer, maka tidak langsung kering, tetapi ada rasa basah dan agak dingin lalu mengering dalam waktu 30 detik,” ungkap Imron.

Morifa Hand Sanitizer teruji klinis di laboratorium dan telah diproduksi lebih dari 2.000 pcs ke seluruh Indonesia. Produk ini memiliki beberapa varian warna dengan aroma buah segar yang berbeda pada setiap warnanya dan mampu bertahan selama 1 tahun penggunaan. Produk ini dijual online di akun instagram @morifahands dan dijual di Tokopedia. Harga yang ditawarkan Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 dengan berbagai ukuran.

Yuk hidup sehat dengan menggunakan Morifa Handsanitizer. Saatnya Indonesia bangga dengan hand sanitizer lokal agar terjaga dari Corona.