Mitigasi dan Jambore Kader Surau

Mitigasi dan Jambore Kader Surau

  • Post published:Januari 31, 2020

Jember. Bertempat di Rembangan Hill Kabupaten Jember, YBM BRI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember melaksanakan kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana serta Jambore Kader Surau (KS) Regional Jawa Timur. Acara ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai sejak hari Jum’at (24/01). Total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 68 orang, terdiri dari Angkatan 2 sampai 4 KS unit kampus ITS, UNAIR, UB, UNEJ, dan POLIJE.

Dalam pelatihan ini, para peserta dibimbing dan dilatih langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember untuk menjadi relawan bencana. Kegiatan ini diawali dengan gathering KS se – Jawa Timur, yang dilanjutkan dengan pemaparan materi yang menjelaskan tentang bencana, jenis – jenis bencana, hingga simulasi dalam mengevakuasi dan memberikan pertolongan pertama pada para penyintas bencana.

“Acara ini luar biasa. Aku bersyukur menjadi bagian dari salah satu KS.” Ungkap Metha, KS Universitas Jember angkatan 4. Selanjutnya Metha berharap agar kedepannya kegiatan seperti ini dapat diadakan setiap tahun. Karena menurutnya kegiatan semacam ini dapat melatih kepekaan dan kepedulian kita terhadap lingkungan masyarakat.

Senada dengan Achmad Yuskir Rizal Rosuli, KS UNAIR Angkatan 3 yang menyampaikan bahwa “Saya merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana dan Jambore KS se-Jawa Timur. Melalui kegiatan ini saya dapat menambah ilmu tentang mitigasi bencana dan memperkuat tali silaturahmi antar sesama KS”. Lebih lanjut Rizal juga berharap program seperti ini bisa menjadi acara rutinan KS se – Jawa Timur tentunya dengan topik yang berbeda dan penyajian acara yang terus lebih baik dari tahun sebelumnya.”

Pasca mengikuti kegiatan ini, KS diharapkan dapat menjadi relawan yang selalu siap siaga terutama dalam situasi bencana. Sehingga keberadaan KS dapat dirasakan oleh masyarakat secara lebih luas.