Metode Tsaqifa Lampung

Metode Tsaqifa Lampung

  • Post published:Februari 25, 2020

Lampung (27/1). Bulan Ramadhan sebentar lagi akan menyapa kita. Salah satu amalan yang dapat menambah pahala puasa bahkan sangat dianjurkan adalah tilawah Al-qur,an. Namun saat ini tidak sedikit kaum muslim yang belum pandai dalam membaca Al-qur, an. Tantanganya menjadi berlebih manakala usia seolah membatasi seseorang untuk belajar mengaji.

Akan tetapi kondisi ini tidak terlihat dalam wajah para peserta Integrasi Program Pemberdayaan berbasis keluarga (IP2BK) Lampung yang berjumlah 33 orang. Semua peserta yang merupakan para orang tua beserta anaknya terlihat antusias dalam mengikuti pembinaan membaca Alquran dengan metode Tsaqifa. Yap, ini merupakan salah satu metode yang dapat digunakan oleh kaum tua atau lanjut usia yang dapat memudahkan pesertanya dalam mengingat pelafadzan huruf Hijaiyah. Target metode ini adalah untuk menghantarkan peserta didiknya agar bisa membaca Alquran pada tingkat dasar.

Bertempat di TPA Nurul Hikam, Desa Rejomulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, pembinaan ini dihadiri oleh orang tua, perwakilan tokoh agama, perwakilan guru TPA, dan para peserta IP2BK. Kegiatan ini dipandu oleh Ustadz Sholehudin, salah satu Tim Tsaqifa dari Kota Metro. Dengan menggunakan metode Tsaqifa para peserta ditargetkan sudah dapat membaca Alquran hanya dengan lima sampai tujuh kali pertemuan.

Setelah mendapatkan pengajaran secara langsung, Ibu Kamidah salah satu peserta IP2BK Lampung yang kini telah berusia lebih dari lima puluh tahun merasakan kemudahan dalam proses pembelajarannya. “InshaAllah saya bertekad untuk terus belajar supaya bisa baca Alquran dengan lancar.” Ungkapnya.

Setelah mengikuti pembinaan ini, para peserta diharapkan selalu bersemangat untuk belajar mengaji dan melaksanakan tilawah pada setiap harinya terutama di bulan suci Ramadhan meskipun sudah memasuki usia lanjut.