Meretas Manfaat Program Difabel Punya Karya

  • Post published:Februari 28, 2017

YBM_MeretasManfaatProgramDifabelPunyaKarya1

YOGYAKARTA — Genap dua tahun sudah Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) menggulirkan bantuan usaha untuk Sulaiman. Sedikitnya ada sepuluh anggota kelompok usaha yang ia bina selama ini. YBM-BRI mengangkat potensi ekonomi dari komunitas lokal tersebut,  setelah lulus prasyarat sebagai penerima manfaat dana zakat.

Bertajuk Program Difabel Punya Karya, YBM-BRI menggulirkan bantuan modal usaha untuk anggota kelompok yang semuanya memiliki keterbatasan fisik (difabel). Dana zakat dari karyawan BRI menjelma menjadi karya yang dapat dinikmati hasilnya oleh kelompok usaha yang digawangi Sulaiman. Kelompok tersebut menghasilkan produk kerajinan seperti sabuk, dompet pria dan wanita, serta tas yang berasal dari kulit ikan pari. Produk yang dihasilkannya pun termasuk produk handmade berkualitas tinggi. Dimana dari segi jahitan dan presisi potongan sangatlah rapi. Sehingga digemari oleh banyak konsumen.

YBM_MeretasManfaatProgramDifabelPunyaKarya2

YBM-BRI percaya bahwa dengan pengelolaan secara professional, dana zakat yang berasal dari orang per orang karyawan BRI di seluruh Indonesia, mampu memberikan manfaat yang berkelanjutan. Hal inilah yang melatarbelakangi YBM-BRI untuk kian fokus mengembangkan pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi. Di tahun 2016, Program Difabel Punya Karya juga bergulir di beberapa kota besar di Indonesia, yakni Banda Aceh, Medan, padang, pekanbaru, Palembang, Bandar lampung, Jakarta, Semarang, Malang, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Manado dan Jayapura.

Disela-sela kunjungan program melalui arahan Pelaksana Harian YBM BRI Yogyakarta ke workshop yang terletak di Jalan Kaliurang KM13,5 ini, Sulaiman, menyampaikan apa yang menjadi bintang terangnya. Seiring semakin maju usaha yang digeluti bersama angota kelompok, dan atas bantuan modal usaha yang diberikan YBM-BRI, ia berharap dari keuntungan usaha yang terkumpul sedikit demi sedikit dapat berwujud downpayment rumah. Dimana, satu komplek perumahan tersebut dihuni oleh pengrajin difabel ikan pari semua. Insha Allah.