Menembus Lebak Banten

Menembus Lebak Banten

  • Post published:Januari 10, 2020

Banten (6/1). Hujan deras pada Selasa (31/12) membuat debit Sungai Ciberang meningkat dan berarus deras. Kondisi ini berlanjut hingga dua hari satu malam. Musibah banjir dan longsor pun tak terelakkan lagi sampai memutus satu-satunya jembatan penghubung desa.

pasca putusnya jembatan, kini perahu karet yang disediakan oleh Polair menjadi pilihan utama akses menuju desa dibanding harus memutar sejauh 50 km. “Ketika air naik, kami semua mengungsi ke hutan dan tempat yg lebih tinggi, tapi alhamdulillah di sekitar sini gak ada korban jiwa,” ungkap Ibu Yayat, salah satu penyintas di Kampung Cimenteng.

Berpusat di Kampung Cimenteng, Desa Cilungbungur, Lebak, Banten, Tim Layanan Kesehatan Bergerak YBM BRI memberikan pelayanan kepada 38 KK atau 148 jiwa penyintas yang telah terisolir sejak bencana. Sebagian besar penyintas mengeluhkan penyakit demam, mual-mual, penyakit kulit, dan diare.

Selain layanan kesehatan yang diberikan, YBM BRI berupaya memenuhi kebutuhan dasar penyintas berupa makanan siap santap dan air mineral. hal tersebut dilakukan sambil mengupayakan bantuan lainnya melalui akses terdekat.