Lombok Bangkit

Lombok Bangkit

  • Post published:Oktober 10, 2018

Bencana gempa bumi di Lombok yang terjadi pada tanggal 29 Juli 2018 menjadi duka bersama, YBM BRI Kanwil Denpasar melalui tim tanggap bencana memberikan bantuan di beberapa titik terdampak bencana, diantaranya Desa Sembalun Bumbung dan Desa Sajang.

Goncangan yang terus terjadi membuat resah masyarakat sehingga memaksa mereka untuk tinggal di tenda pengungsian. Keadaan tersebut menyebabkan minimnya fasilitas dan pangan yang memadai. Tim tanggap bencana YBM BRI yang meliputi tim medis, tim YBM BRI Kanwil Denpasar, para mahasiswa penerima Beasiswa Kader Surau Universitas Mataram serta Kelompok PKUR Desa Pesanggarahan Lombok Timur pun turut berpartisipasi.

Jumlah penerima manfaat pada tanggap bencana gempa bumi lombok mencapai 5209 jiwa. Adapun bantuan yang diberikan oleh YBM BRI diantaranya

  1.  Survival Kit
  2. Layanan kesehatan bergerak
  3. Layanan air bersih dan makanan siap santap
  4. Tenda khusus ibu hamil dan menyusui
  5. Recovery pesantren terdampak
  6. Kebutuhan balita dan anak-anak
  7. Genset dan penyediaan toren air
  8. Paket sembako
  9. Selimut dan alas tidur

Bantuan tersebut disebar ke 13 desa, 7 kecamatan, dan 3 kabupaten dengan rincian sebagai berikut; Kecamatan Tanjung sebanyak lima desa; Kecamatan Koyongan sebanyak satu desa; Kecamatan Sembalun sebanyak dua desa; Kecamatan Sambelia sebanyak satu desa; Kecamatan Pringgabaya sebanyak dua desa; Kecamatan Narmada sebanyak satu desa; dan Kecamatan Pamenang sebanyak satu desa. Total bantuan yang diberikan oleh YBM BRI untuk tanggap bencana Lombok ini sebesar Rp 311.225.000. Penyaluran bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bapak Lalu Taufiqurrahman (Ketua YBM Kanca Selong) kepada Bapak Sunardi (Kepala Desa Sembalun Bumbung) dengan didampingi oleh Bapak H. Iskandar (Bendahara YBM Kanca Selong) dan Bapak Adi Yani (Sekretaris YBM Kanca Selong). Selain posko Desa Sembalun Bumbung, penyaluran paket bantuan juga dilakukan di posko Desa Sajang.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada para donatur/muzakki yang telah menyalurkan dana zakat melalui YBM BRI untuk membantu warganya yang membutuhkan supply perlengkapan pasca terjadinya gempa hari Minggu lalu. Semoga penyaluran bantuan ini dapat bermanfaat dan mengurangi beban para pengungsi.” Ungkap Bapak Sunardi.