Koordinasi dan Pelatihan PKUR Beberapa Kantor Wilayah

  • Post published:18 September 2018

YBM BRI telah melaksanakan kegiatan koordinasi dan pelatihan pendamping Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR) di beberapa kantor wilayah , diantaranya kanwil  Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang dan Bandar Lampung. kegiatan ini dilakukan dengan tujuan sebagai pembekalan pengetahuan dalam melaksanakan pendampingan terhadap kelompok PKUR di setiap wilayah.

Pekanbaru, 18 Agustus 2018. YBM BRI Kanwil Pekanbaru telah melaksanakan kegiatan tersebut di Ruang Pertemuan BRI Kanwil Pekanbaru di lantai 2. Adapun peserta yang hadir sebagai berikut: pendamping PKUR Menjahit, PKUR aneka usaha, PKUR Kerambah Ikan Patin, PKUR kerajinan kayu, PKUR Usaha Jamur Tiram, PKUR Usaha Sabun Cuci Piring, dan pendamping PKUR Aneka Keripik. Kegiatan diisi dengan penyampaian arahan dari Bapak Sepyan Uhyandi (Sekjen YBM BRI), selanjutnya penyampaian materi oleh Pak Muhammad Salman (Manajer Ekonomi YBM BRI). Pada kesempatan tersebut turut hadir Bapak Ilham selaku Ketua YBM BRI kanwil Pekanbaru serta Bapak Didik (Kabag SDM Kanwil Pekanbaru)

Kanwil Palembang pun telah melaksanakan kegiatan tersebut pada tanggal 25 Agustus 2018 di Aula Gedung Kanwil BRI Palembang. Turut hadir pada acara tersebut Bapak Sepyan Uhyandi (Sekjen YBM BRI Kantor Pusat), Ibu Dian Putri Yasmin (Staf Divisi Ekonomi YBM BRI), Bapak Susilo (Wapinwil Bisnis), Bapak Dani (Pinca BRI Palembang Sriwijaya), Bapak Raden Azhari (Ketua YBM BRI Kanwil Palembang), Abi Pratama (Pelaksana Harian YBM BRI Kanwil Palembang). Peserta terdiri dari 13 orang yaitu : Pendamping PKUR Budidaya Nilam desa lawang agung, PKUR Keripik Ikan, PKUR Padi, PKUR Kue Putu dan Jamu, PKUR Produksi Tahu dan Tempe, PKUR Usaha Jasa Menjahit, PKUR Produksi Kemplang Panggang, PKUR Produksi Ikan Asin, PKUR Produksi Hiasan Pengantin, PKUR Usaha Kepiting Rajungan, PKUR Alat Tangkap nelayan, PKUR Tekwan dan Model, PKUR Kerupuk Kemplang Udang. Kegiatan pelatihan ini diisi oleh Ibu Dian Yasmin Putri, dalam sesi sharing yang dipimpin langsung oleh Bapak Sepyan Uhyandi, beliau menyampaikan bahwa YBM BRI yakin dan percaya menyerahkan bantuan yang telah diberikan kepada kelompok-kelompok agar usahanya tumbuh berkembang dan jangan lupa untuk sering mendoakan muzakki BRI.

YBM BRI Kanwil Medan pun telah melaksanakan kegiatan tersebut pada tanggal 11 Agustus 2018. Turut hadir pada acara tersebut Bapak Djoko Purwanto (Wakil Ketua YBM BRI Kantor Pusat), Bapak Muhammad Salman (Manajer Divisi Ekonomi YBM BRI), Bapak Varia Maradona (Ketua YBM BRI Kanwil Medan), Ibu Eka Damayanti, Ibu Fitri Wahyuni (Bedahara dan Wakil sekretaris YBM BRI Kanwil Medan),  Jon Eriadi (Pelaksana Harian YBM BRI Kanwil Medan). Peserta terdiri dari 14 orang yaitu 3 orang Pendamping PKUR Budidaya Nilam di Kecamatan Padang Bolak; 2 orang Pendamping PKUR Opak Desa Pergajahan; 3 orang Pendamping PKUR Udang Vaname Desa Tanjung Rejo; 2 orang pendamping PKUR Sereh Wangi Kecamatan Hamparan Perak; dan PKUR Usaha Warung Desa Gerbang.

Banda Aceh, 11 Agustus 2018. YBM BRI Kanwil Banda Aceh, bertempat di lantai 4 Gedung Kanwil BRI Aceh, telah dilaksanakan acara Program Koordinasi dan Pelatihan Pendamping PKUR 2018 YBM BRI Kanwil Banda Aceh. Turut hadir pada acara tersebut  Bapak Yusron Avivi (General Manajer YBM BRI Kantor Pusat), Bapak Dwi Iqbal Noviawan (Pengurus YBM BRI Kantor Pusat), Bapak Argugung (Pinwil BRI Kanwil Banda Aceh), Bapak Andri Arjuna (Ketua YBM BRI Kanwil Banda Aceh), Ibu Lilis Suhartini (Staf Divisi Ekonomi) dan Muksalmina (Pelaksana Harian YBM BRI Kanwil Banda Aceh). Peserta terdiri dari Pendamping PKUR Budidaya melon, Budidaya Nilam, Budidaya Bawang Merah, Budidaya Cabai Merah, Budidaya Jambu Madu, Budidaya Kacang Tanah, Budidaya Cabe Merah dan Semangka non Biji, serta Pemberdayaan Pemulung. Kegiatan pelatihan ini diisi oleh Ibu Lilis Suhartini, dalam sesi sharing Bapak Argugung banyak memberi motivasi kepada para pendamping dan para petani agar lebih giat dan semangat dalam menjalankan usaha, beliau juga meminta Doa untuk kemudahan muzakki BRI.

Padang, 18 Agustus 2018 bertempat di ruang rapat lantai 2 BRI Kantor Wilayah Padang telah dilaksanakan Program Koordinasi dan Pelatihan PKUR Tahun 2018, acara tersebut dihadiri oleh pendamping masing-masing PKUR dari Kanwil Padang yakni,Ibu Tri Nelfi PKUR menjahit mukena Bukittinggi; Bapak Syam Mulya jaya PKUR Budidaya kol; Ibu Febry Eka Putri  PKUR Menjahit bad cover; Widrayeni PKUR menjahit dan kuliner; Bapak Muhamad Hidayat PKUR Bot pariwisata; Ibu Rini PKUR menjahit, souvenir dan sablon purus; Ibu Yusni Syam PKUR menjahit lolong belanti, usaha kue rumahan lolong belanti; Ibu Sunting Okta Suryani PKUR ikan nila, harau, payakumbuh;Igho Setiawan PKUR ikan nila palembayan. Acara dihadiri oleh Bapak Pembina Pengurus YBM BRI Kantor Pusat Bapak Yusran Avivi dan staf ekonomi YBM BRI Kanpus Bapak Ahmad Daelami dan juga dihadiri oleh Pengurus YBM BRI Kanwil Padang Bapak Penheri dan Ibu Evi Sulistyowati, serta Wati PH Padang. Selanjutnya penyampaian materi oleh Bapak Yusran Avivi. Ibu Yusni Syam sangat berterima kasih telah dilaksanakannya acara koordinasi dan pelatihan ini karena dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam  pelaksanaan program yang sedang berlangsung.