Kecerdasan Aisyah Radhiallahu ‘anha

Kecerdasan Aisyah Radhiallahu ‘anha

  • Post published:1 Oktober 2019

Aisyah Radhiallahu’anha, puteri dari pasangan Abu Bakar As Shiddiq dan Ummu Ruman ini lahir tahun keempat kenabian. Aisyah Radhiallahu’anha adalah istri dari Rasulullah Muhammad Shallahu’alaihi wasallam. Beliau adalah contoh muslimah yang cantik dan cerdas. Ia pandai berbahasa, juga menguasai ilmu kesehatan dan nasab.

Karena kecerdasan dan ingatannya yang kuat, telah banyak juga hadits-hadits yang diriwayatkan Aisyah. Semasa hidupnya, Aisyah Radhiallahu’anha telah meriwayatkan 2.210 hadits. Aisyah Radhiallahu’anha dikenal sebagai satu-satunya sahabat perempuan yang paling banyak meriwayatkan hadis. Beliau menduduki posisi keempat setelah sahabat Abu Hurairah, Ibnu Umar dan Anas bin Malik. Kepakarannya dalam bidang hadis tidak dapat diragukan lagi. Bahkan ia tidak segan-segan mengoreksi hadis yang diriwayatkan oleh sahabat lainnya.

Az Zuhri pernah berkata, “seandainya ilmu Aisyah dikumpulkan dan dibandingkan dengan semua ilmu wanita di dunia, maka ilmu Aisyah lebih banyak.” Tidak hanya itu Aisyah Radhiallahu’anha juga mendapat sanjungan dari malaikat Jibril as. dengan menitipkan salam lewat Rasulullah SAW untuknya. Maka Aisyah menjawab, ”Alaihis salam warahmatullahi wabarakatuh, engkau dapat melihat yang aku tidak dapat melihatnya.”

Keutamaan Aisyah lainnya adalah ialah satu-satunya istri Rasulullah SAW yang masih gadis ketika dipersunting. Aisyah Radhiallahu’anha juga mendapat keistimewaan dari Allah SWT dengan menurunkan surah An-Nur ayat 11-26 khusus untuk membebaskan Aisyah Radhiallahu’anha dari fitnah yang dikenal dengan hadisul ifki (berita bohong).
Ayat tersebut memberitahukan kepada Rasulullah Saw. bahwa Aisyah adalah wanita suci yang tidak pernah terlibat perselingkuhan dengan Shafwan bin Muaththal sebagaimana yang dituduhkan okeh kaum munafik kepadanya.

Sob, Aisyah Radhiallahu’anha adalah inspirasi muslimah untuk menuntut ilmu dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Namanya terkenang sepanjang masa sebab ribuan hadits diriwayatkannya. Jadikanlah ia teladan dan idola. Semoga kita pun dapat meneladaninya, berkontribusi untuk mengamalkan ilmu dalam memajukan dan menerapkan syariat Islam.