International Conference by World Zakat Forum

  • Post published:9 Desember 2018

YBM BRI diwakili oleh Prof. Dr. K.H. Muhammad Amin Suma (Badan Pembina Syariah), Irfanul Arifin (Amil), danĀ  Sutrisno Badroen (Amil) hadir dalam kegiatan International Conference pada tanggal 5 – 6 Desember 2018 di Hotel Equatorial, Melaka, Malaysia. Kegiatan yang diselenggarakan oleh World Zakat Forum (WZF) ini dihadiri oleh 28 negara anggota. Kegiatan ini merupakan pertemuan rutin yang diselenggarakan WZF setiap tahunnya dan menjadi sarana silaturahim serta konsolidasi antarbadan dan lembaga zakat negara anggota.

Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan manajemen pengelolaan zakat yang meliputi penghimpunan, pendistribusian, dan sistem administrasi. Ada 3 hal yang perlu dikuatkan, yaitu prinsip utama zakat, good amil governance, dan manajemen risiko zakat. Hal yang menjadi isu penting dalam dunia zakat saat ini adalah pemberdayaan masyarakat yang mengarah pada SDG’s (Tujuan Pengembangan Berkelanjutan), yang memberikan kemampuan kepada umat untuk beralih dari mustahik menjadi muzakki.

Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh antarpengelola zakat untuk mencapai tujuan tersebut, diantaranya, menyuarakan tujuan yang sama sehingga berbagai program yang dijalankan mengarah pada tujuan sama yaitu kesejahteraan, melakukan kolaborasi dan solidaritas antarnegara-negara muslim, dan menguatkan kepercayaan masyarakat bahwa zakat sebagai instrumen pengentasan kemiskinan.

WZF memiliki peran dalam meningkatkan kualitas manajemen dan pengelolaan zakat melalui penguatan institusi zakat bagi negara-negara anggota.

Turut hadir dalam kegiatan ini The Hon. Tuan Haji Adly Zahari (Chief Minister of Melaka), Tha Hon. Datuk Seri Dr. Mujahid Yusof Rawa (Minister in the Primer Minister’s Department), Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA, CA (WZF General Secretary), dan perwakilan dari institusi zakat dari berbagai negara lainnya.