Ilham Juara Dunia

Ilham Juara Dunia

  • Post published:10 April 2021

Ilham Muhammad mahasiswa Teknik Geologi UNDIP yang juga merupakan awardee Bright Scholarship berhasil meraih 30 lebih prestasi nasional dan internasional sepanjang tahun 2020 sampai 2021.

Pemuda yang berasal dari Bali ini memang gemar mengikuti berbagai kompetisi. Tujuannya untuk menguji seberapa layak ide yang ia cetuskan untuk diimplementasikan di dunia nyata. Selain itu ia ingin menghasilkan produk yang berguna untuk menyelesaikan masalah masyarakat sekitar.

Ilham juga mengatakan dengan mengikuti berbagai kompetisi dapat melatih otaknya untuk berfikir kritis dan sistematis, dapat mencari relasi baru dan meningkatkan personal branding, serta menghasilkan inovasi dan karya untuk bangsa.

Dari motivasi tersebut Ilham mampu meraih 14 prestasi internasional dan 24 prestasi nasional sepanjang tahun 2020 sampai 2021. Salah satu kompetisi bergengsi yang dimenangkannya ialah Africa Ociip Expo yang diikuti oleh 1200 peserta dari 30 negara. Melalui inovasi panel surya miliknya ia mampu memperoleh medali emas untuk Indonesia pada kategori renewable energy.

Kesuksesan yang Ilham raih tidak jauh dari dukungan kedua orang tuanya. Ia mengaku bahwa sebelum mengikuti kompetisi atau melakukan kegiatan apapun, ia selalu meminta restu kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai tukang pijat.

Banyaknya kejuaraan yang telah ia raih dapat mengangkat derajat keluarga sederhananya, serta dapat membuktikan bahwa anak rantau berhasil meraih prestasi di tanah rantauannya.

Disamping dukungan orang tuanya Ilham juga mendapat dukungan dari teman-teman awardee Bright Scholarship yang satu asrama dengannya. Seluruh kegiatan pembinaan yang diberikan oleh Bright Scholarship membuatnya termotivasi untuk mengukir prestasi. Karena menurut ilham beasiswa ini mampu memberikan lingkungan yang baik dan sesuai dengan visinya dapat membentuk generasi muslim yang “berdaya saing”.

Selain aktif mengikuti kompetisi Ilham juga aktif di kegiatan lainnya seperti menjadi pembicara di berbagai webinar, menjadi delegasi di berbagai acara nasional maupun internasional, menjadi asisten laboratorium, mengembangkan organisasi nasional yang bergerak di bidang edupreneur dan pengabian bernama Sepia.Id, serta berpartisipasi sebagai vice chairman Indonesia Young Scientist Association Chapter Central Java.

Ilham berharap semoga pemuda Indonesia dapat mengukir prestasi dan meraih mimpinya masing- masing demi kebermanfaatan bangsa. Ia juga berharap semoga YBM BRI terus meluaskan kebermanfaatan bagi Indonesia.