HUT Ke-120 YBM – BRI Kanwil Bandung Berikan Bantuan

  • Post published:4 Januari 2016

photo_2016-01-04_17-17-13Berbagi kepada sesama menjadi prioritas BRI Kanwil Bandung dalam memperingati HUT BRI ke-120 yang di gelar di Gedung Menara BRI Lantai 3 Jln. Asia Afrika – Bandung (15/12/15). Di usianya yang ke-120 tahun BRI terus berkarya untuk menumbuh kembangkan pelayanan dan produk perbankan sesuai kebutuhan nasabahnya.
“BRI merupakan bank rakyat pasti besar di tengah masyarakat, sekarang BRI sudah menjadi bank terbesar di Indonesia, selayaknya di hari berbahagia ini berbagi kepada masyarakat. Bantuan ini diberikan melalui Yayasan BaituI Maal (YBM) yang dibentuk oleh manajemen BRI untuk mengumpulkan zakatnya pekerja BRI sehingga bisa terkordinir dengan baik, Bantuan Ini sebagai wujud terimakasih BRI kepada masyarakat karena BRI dari masyarakat dan untuk masyarakat yang membutuhkan. Harapannya di hari jadinya BRI ini senantiasa mendapatkan do’a dari para penerima bantuan sehingga BRI ke depan akan semakin besar, kuat dan makin berjaya tentunya semakin bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,’’tutur Pimpinan Wilayah BRI Bandung yang juga Ketua YBM-BRI Pusat Tri Wintarto didampingi Wapinwil Bambang Tribaroto usai memberikan bantuan.

Dikatakan Tri, acara ini di gelar setiap tahun, namun untuk YBM-BRI setiap saat memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Melalui YBM zakat para pekerja BRI se-Indonesia terkumpul sebesar Rp 7 miliar setiap bulan, dalam setahun terkumpul Rp 100 miliar yang setiap saat di berikan kepada masyarakat khususnya yang berada sekitar lingkungan kerja BRI yang betul-betul membutuhkan. Untuk wilayah kerja BRI Kanwil Bandung sendiri ada sekitar 30 Cabang binaan.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia yang juga Ketua YBM-BRI Kanwil Bandung Agus Kusnandang, bantuan yang diberikan biasanya melalui program santunan dan pemberdayaan masyarakat melalui survey yang dilakukan oleh pihak kami, sehingga betul-betul bantuan yang kami keluarkan itu memberikan manfaat yang banyak bagi penerimannya dan dapat kami pertanggung jawabkan. Selain Program tahunan, program rutin yang selama ini diberikan yaitu pemberian beasiswa, marbot untuk para penjaga masjid, acara-acara yang terkait dengan program ramadhan, dll.

Agus menambahkan terkait HUT BRI ke-120, YBM-BRI dengan visinya mengakar ke dalam dan menebar manfaat keluar, bisa lebih tumbuh kuat untuk menebar manfaat keluar masyarakat yang lebih luas dan menjadi lembaga amil zakat yang lebih amanah dan professional.

Adapun pemberian bantuan kali ini berupa santunan bagi 40 Difabel punya karya senilai Rp 121.400.000,-, Khitanan Massal sebanyak 200 anak dhuafa yang dilaksanakan di Kanwil BRI dan beberapa Kanca BRI. Santunan benah warung ustadz di 12 unit kerja BRI Se- Kanwil Bandung sebesar Rp 131.750.000,-. Santunan badan usaha majlis ta’lim sebesar Rp 80.700.000,-, Santunan Berbagi Senyum Lansia sebesar Rp 50.000.000,- bagi 50 orang pensiunan Bank BRI dan Santunan sarana informasi dan teknologi bagi sekolah terisolir sebesar Rp 56.475.000,-.

YBM-BRI Bandung menyalurkan juga program bantuan pemberdayaan tahun 2014-2015, kepada 14 pondok pesantren di Jawa Barat dengan total bantuan sebesar Rp 3.596.438.000,- santunan tersebut berupa bantuan beasiswa santri, apresiasi tenaga pendidik, sarana prasarana pondok dan bantuan usaha ekonomi produktif pondok pesantren. Sehingga total bantuan yang diberikan kali ini sebesar Rp 4,181 miliar.

 

Sumber: Tribun Jabar 17 Desember 2016