SarNas Bright Scholarship 2020

SarNas Bright Scholarship 2020

  • Post author:
  • Post published:November 15, 2020
  • Post category:Highlight

Jakarta. Sebanyak 360 Awardee Bright Scholarship yang berasal dari 23 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengikuti Sarasehan Nasional Bright Scholarship 2020. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun pertama kalinya dilakukan secara daring.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan untuk orientasi kelembagaan dan program, menanamkan semangat nasionalisme dan kebangsaan, serta membangun jaringan nasional.

Secara simbolis acara ini dibuka oleh Ketua Badan Pengurus YBM BRI, Sepyan Uhyandi dilanjutkan dengan Dialog Kebangsaan, mengangkat tema “Pentingnya Penanaman Karakter Pancasila dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan” oleh Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kemenko PMK RI, Prof. Dr. R. Agus Sartono, MBA.

Kemudian disusul dengan talkshow milenial talk bertajuk “Kontribusi Millenial untuk Bangsa Indonesia” oleh Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia, Muhammad Fajrin Rasyid dan Founder Asgar Muda Foundation, Goris Mustaqim, serta bincang-bincang bersama alumni Bright Scholarship.

Dalam sambutannya Ketua Badan Pengurus YBM BRI, Sepyan Uhyandi berharap dengan hadirnya Program Bright Scholarship, BRI melalui YBM BRI mampu memberikan kontribusinya terhadap pembangunan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

“Dengan Bright Scholarship kami ingin membentuk pemimpin-pemimpin masa depan yang berkarakter yaitu yang memiliki pondasi utama agama islam. Oleh karna itu ada 4 hal yang bisa dilakukan oleh adik – adik Bright Scholarship yaitu dari sisi akademis, sisi keagamaan dengan menjadi aktivis masjid dan penggerak di wilayah masing-masing, aktif berorganisasi dan peduli dengan lingkungan,” ungkap Sepyan Uhyandi.

“Saya harap pada ulang tahun Republik Indonesia yang ke 100 tahun 2045, kalian semua yang menjadi inspektur upacara di istana negara, yaitu kalian-kalian yang ada disini,” lanjut Sepyan.

Program Beasiswa Bright Scholarship merupakan salah satu program yang diinisiasi oleh YBM BRI sebagai ikhtiar pendayagunaan dana zakat dalam bidang pendidikan. Hingga saat ini Bright Scholarship memiliki 5 angkatan dengan jumlah penerima beasiswa mencapai 910 penerima manfaat yang tersebar di 26 Perguruan Tinggi Negeri.

Kegiatan Sarasehan Nasional ini ditutup dengan melakukan staycation yakni berkunjung ke wilayah pemberdayaan yang tersebar di 14 wilayah dari Aceh hingga Makassar. Tujuannya agar para awardee mengenal lebih dekat alur proses pelaksanaan program pemberdayaan YBM BRI serta dapat membentuk kekompakan dan kebersamaan antar awardee.