Gema Safinatussalam Buleleng

Gema Safinatussalam Buleleng

  • Post published:September 18, 2019

Bali, 11 September. Desa Pegayaman merupakan desa muslim tertua yang terletak di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Dengan mayoritas penduduk beragama Islam di Bali, Desa Pegayaman memiliki jumlah penduduk 5.333 jiwa (Badan Pusat Statistik 2019). Akulturasi seni dan budaya serta toleransi terhadap masyarakat Hindu terjalin sejak abad ke 16 Masehi. Desa Pegayaman sangat kental dengan nuansa Islam, keberadaannya telah memberikan warna tersendiri dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Buleleng dan juga Bali pada umumnya.

Masjid Jami’ Safinatussalam merupakan satu-satunya masjid yang berada di Desa Pegayaman dan menjadi sentral keagamaan bagi masyarakat setempat. Masjid Jami’ Safinatussalam juga terbilang masjid tertua di Pegayaman. Namun, kondisi Masjid Jami’ Safinatussalam ada permasalahan soundsystem yang sering rusak.

Melihat kondisi ini YBM BRI menyalurkan bantuan berupa paket soundsystem untuk Masjid Jami’ Safinatussalam senilai Rp.34.800.000. Paket soundsystem yang diberikan berupa speaker, mic, kabel horn, clip on, amplifier, power amplifier, dsb. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Pinca BRI Singaraja Darwis Muhammad kepada perwakillan pengurus masjid Jami’Safinatussalam Rabihudin.

“Mewakili pengurus dan jamaah Masjid Jami’ Safinatussalam, saya mengucapkan terima kasih dan rasa syukur Alhamdulillah atas diberikannya fasilitas paket soundsystem dari YBM BRI. Memang salah satu kendala dari masjid kampung kami adalah permasalahan soundsystem sering rusak dan perlu diperbaiki oleh teknisi dari Singaraja. Semoga dengan bantuan yang diberikan dapat menjadi amal jariah bagi para muzakki YBM BRI selama kami mengunakannya untuk syiar Islam di kampung ini,” ungkap Rabihuddin.