Fhildzha Unhas Debat

Fhildzha Unhas Debat

  • Post published:26 Januari 2021

Tiga mahasiswa delegasi Universitas Hassanuddin (Unhas) dalam lomba Debat Bahasa Antarmahasiswa Se-Indonesia berhasil menorehkan prestasi. Salah satunya Fhildzha Zhafirin. Mahasiswa hukum Unhas ini merupakan awardee Bright Scholarship YBM BRI unit Unhas.

Pada lomba yang digelar oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud, Fhildzha bersama tim berhasil meraih juara tiga. Lomba yang diadakan secara virtual ini mengantarkan Fhildzha dan tim lolos ke babak semi final setelah melewati 4 babak pertandingan.

“Jujur, saya sangat bersyukur bisa menang lomba ini. Di mana perlombaan ini tidak hanya menambah relasi saya, tapi juga memperluas pengetahuan saya mengenai Bahasa,” ungkap Fhildzha.

Dalam perlombaan ini Fhildzha bersama tim melalui proses seleksi yang cukup selektif dan ketat. Diawali dengan pengiriman 133 Essay bertajuk “Berbahasa untuk Indonesia yang Sehat”, hingga terpilihlah 32 delegasi dari seluruh Indonesia yang ditanyatakan lolos tahap awal.

“Tim saya merupakan satu-satunya tim yang berasal dari Sulawesi Selatan. Kami diberi 5 mosi yang masing-masing membahas mengenai esensi dari bahasa, baik itu bahasa daerah, Bahasa Indonesia, maupun bahasa internasional,” lanjut Fhildzha.

Tak hanya kompetisi debat, Fhildzha juga seringkali mengikuti kompetisi di bidang olahraga dan kepenulisan baik skala nasional maupun internasional. Ia juga aktif di beberapa organisasi dan kepanitiaan kampus.

Fhildzha berharap dengan perlombaan debat yang ia dan timnya ikuti ini dapat meningkatkan kesadaran generasi penerus bangsa untuk tetap melestarikan bahasa daerah dan mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia. Namun tak lupa untuk tetap berusaha mempelajari dan menguasai bahasa asing untuk bersaing di Era Globalisasi ke depan.