Faisal Duta NTB

Faisal Duta NTB

  • Post published:4 November 2020

Lalu Faesal Amrullah, salah satu awardee Smart Scholarship Universitas Mataram, berhasil meraih juara 1 dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTB tahun 2020. Ajang pemilihan ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Awalnya pada tahun 2018 pemuda yang akrab dipanggil Faesal ini terpilih menjadi Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi NTB, sebuah program yang diadakan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan terus berlanjut dalam pemilihan Duta GenRe tingkat nasional. Dari prestasi inilah yang mengantarkannya untuk mengikuti pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTB.

Sebagai Duta Bahasa Faesal memiliki tugas untuk meningkatkan peran generasi muda dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia, daerah, dan asing sesuai dengan ranah penggunaan masing-masing guna memperkuat jati diri dan daya saing bangsa.

“Penggunaan bahasa Indonesia harus baik dan benar tanpa mencampuradukkan dengan bahasa asing. Bahasa asing emang sangat diperlukan, tapi inget jangan sampai dengan adanya bahasa asing ini kita melupakan Bahasa Indonesia,” ungkapnya.

Saat ini disela-sela kesibukannya menjalani kuliah secara daring dan mengikuti pembinaan awardee Smart Scholarship, Faesal juga wajib mengikuti kegiatan karantina untuk mempersiapkan diri dalam meningkatkan kemampuan bahasa, literasi dan minat bakat (seni budaya).

Semangat terus ya Faesal! Semoga bisa terus meraih prestasi yang dapat membanggakan keluarga.