Coaching Mentoring Pelatihan Profesionalisme Pendidik Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami

  • Post published:26 Februari 2015

Coaching Mentoring Pelatihan Profesionalisme Pendidik Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islami

Senin-Selasa, 23-24 Februari 2015, YBM-BRI mengadakan Coaching Mentoring untuk 25 peserta Pelatihan Profesionalisme Pendidik di pondok pesantren Ummul Quro Al-Islami, Leuwiliang, Bogor. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan workshop sebelumnya dimana pada kegiatan ini para peserta diminta untuk menerapkan berbagai metode pembelajaran yang sudah di Workshop kepada para siswa.

Para peserta yang tidak lain adalah guru pondok pesantren Ummul Quro Al-Islami diminta untuk menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menggunakan Metode Jig Saw dimana siswa belajar dalam kelompok-kelompok. Dengan metode ini, guru dan siswa menjadi lebih aktif sehingga tercipta interaksi yang positif antara guru dan siswa.

Pada coaching mentoring tahap pertama, ada 10 peserta yang menerapkan metode pembelajaran di kelas dan peserta lainnya menjadi tim evaluator. Di akhir kegiatan, dilakukan sesi sharing untuk berbagi saran dan evaluasi terkait proses KBM yang telah dijalankan. Seluruh peserta sangat antusias dalam menerapkan ilmu yang sudah didapatkannya di workshop sebelumnya untuk diterapkan di kelas-kelas yang mereka ajar.