BRI Perbanyak Program Berbagi

  • Post published:29 Desember 2015
36. Jakarta 1
Arsip Foto : YBM BRI

Ratusan warga mengikuti kegiatan Yayasan Baitul Maal (YBM)- BRI di Jalan Otista Raya, Jakarta Timur, belum lama ini. Rangkaian kegiatan digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT] BRI yang ke-120 tahun.

Pada HUT kali ini, YBM-BRI memperluas program sosialnya menjadi enam kategori. Selain sunatan massal, juga diadakan Gerobak Bersemangat, Benah Warung Ustaz, Bantuan Usaha Majelis Ta’lim (BUMT), Difabel Punya Karya (DPK), dan Berbagi Senyum Lansia.

Wakil Pemimpin Kantor BRI Wilayah Jakarta 1, M. Sidik Heruwibowo mengatakan, penambahan kategori bantuan ini juga mengartikan perkembangan BRI yang semakin baik. Dengan perusahaan yang semakin sejahtera, banyak memperoleh keuntungan, maka harus semakin banyak pula aktivitas berbagi kepada masyarakat. Dana santunan kegiatan tersebut dihimpundari zakat profesi para karyawan BRI.

“Inilah sebagai bentuk kepedulian, karena kami memiliki komitmen membagi zakat, sehingga keberkahan bisa kita rasakan terus menerus dan berbagi man- faatyang sebesar-besarnya,” kata Sidik.

Menurut Sidik, antusiasme masyarakat tahun ini dalam mengikuti rangkaian acara HUT BRI. juga tampak luar biasa. Untuk khitanan massal, setidaknya ada 120-an peserta dengan santunan senilai Rp 90,25 juta. Lalu, 25 gerobak senilai Rp 131,75 juta, 12 Warung Ustaz senilai Rp 72 juta, satu komunitas BUMT dengan total 20 orang senilai Rp 80,7 juta, dua komunitas DPK total 40 orang sebesar Rp 121,4 juta, dan 50 paket bantuan Berbagi Senyum Lansia sejumlah Rp 50 juta.

Berbagai bantuan diberikan guna menyokong usaha masyarakat dan merenovasi warung usaha agar semakin representatif. Sidik menjelaskan, penambahan program berbagi ini juga didasarkan pada survei yang melihat apa saja kebutuhan masyarakat, sehingga BRI bisa semakin dekat di hati seluruh stakeholder.

Staf Pelaksana Harian YBM BRI, Muhajir Anshori mengatakan, penambahan program CSR tahun ini disusun oleh YBM Pusat. Setidaknya ada empat program utama YBM-BRI, di antaranya Berbagi Smart (pendidikan), Berbagi Sehat (kesehatan), Berbagi Sejahtera (ekonomi) dan Berbagi Syiar (dakwah). Penyaluran dana zakat profesi dilakukan YBM-BRI dengan prinsip keasnapan, kebenaran, dan ketetapan syariat Islam. “Kegiatan seperti ini juga dimplementasikan di setiap kantor wilayah BRI se- Indonesia,” kata dia.

 

Sumber: Koran Republika, 29 Desember 2015