BRI dan Metropolis Bantu Ponpes Dr. M. Natsir

  • Post published:23 Maret 2016
media padang 2
Arsip : YBM-BRI
mdia padang
Arsip : YBM-BRI

Pondok Pesantren Dr. M. Natsir Alahan Panjang kembali mendapatkan  bantuan. Kali ini bantuan dari Yayasan Baitul Maal BRI dan PT Metropolis Malaysia. Bantuan datang pada waktu hampir bersamaan.

“Pontren M. Natsir mendapat bantuan dari BRI,” jelas pimpinan Pontren M. Natsir, Darman kepada Singgalang, Kamis (10/3). Bantuan dari YBM-BRI berjumlah Rp 186 juta.

Bantuan ini dimanfaatkan untuk pembangunan MCK sebesar Rp 52,5 juta, pengembangan usaha keripik kentang Rp 60 juta, untuk pembina asrama Rp 24 juta, serta bantuan beasiswa sebesar Rp 63 juta.

Bantuan, jelas Darman diturunkan dalam dua tahap. Bantuan tahap pertama sudah dimanfaatkan, sesuai dengan program yang sudah disepakati, sekarang bantuan sudah masuk tahap kedua.

“Bantuan dari Malaysia untuk pembangunan asrama putri,” jelas Darman. Pesantren tidak menerima bantuan berupa dana, tetapi pembangunan asrama  siap jadi. Semua dana yang dibutuhkan langsung disediakan oleh Buk Ayu dari metropolis Malaysia.

Pesantren M. Natsir, jelas Darman, menerima bangunan asrama siap pakai. Kalau sebelumnya asrama  dibangun untuk 20 santri per kamar ke depan ditempati empat santri per kamar, lengkap dengan sarana lainnya.

Darman menjelaskan, saat ini pihaknya juga sedang mengembangkan program pohon pendidikan. Orang tua para santri diberikan bibit surian, berapa pun yang bisa ditanam di lahan yang mereka miliki. Setelah panen, setiap empat batang disumbangkan satu batang untuk pesantren, tiga batang lainnya digunakan untuk kelangsungan pendidikan anak-anak.

“Pesantren juga akan memanfaatkannya untuk pendidikan para santri,”jelas Darman. Tahap awal  pihaknya menyediakan sebanyak 2.500 batang bibit surian. Jika permintaan melebihi angka tersebut tetap akan dipenuhi karena pembibitan dilakukan di lahan pertanian pondok pesantren ini.

 

Sumber: Koran Singgalang (Padang), 11 Maret 2016