BERSAHABAT DENGAN ALQURAN

BERSAHABAT DENGAN ALQURAN

  • Post published:19 April 2021

Tak kenal maka tak sayang

Ramadhan adalah bulan spesial bersama Alquran. Tidak heran jika di bulan Ramadhan nanti, banyak umat Islam yang berlomba-lomba membaca Alquran hingga mengkhatamkan alquran berkali-kali.

Rasulullah bersama malaikat Jibril menambahkan intensitas hubungan dengan Alquran selama Ramadhan “Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Alquran kepada Nabi SAW setiap tahun sekali (pada bulan Ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah SAW, Jibril mendatangi dan mengajarkan Alquran kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya).” (HR Bukhari No 4614).

Para ulama terdahulu juga menyibukkan diri dengan Alquran selama Ramadhan. Utsman bin Affan mengkhatamkan Alquran setiap hari pada bulan Ramadhan. Imam asy-Syafi’i dapat mengkhatamkan Alquran sebanyak 60 kali di luar shalat dalam bulan Ramadhan. Al-Aswad rahimahullah mengkhatamkan Alquran setiap dua hari.

Lalu gimana ya cara supaya kita semangat mengkhatamkan Alquran dan bisa bersahabat dengannya ?

1.Pelajari dan pahami keutamaan Alquran

Seperti ungkapan tak kenal maka tak sayang, kita juga perlu mengaplikasikannya dengan Alquran. Karena banyak sekali keutamaan yang terkandung di dalam Alquran.

Alquran sebagai petunjuk (QS. Al-Baqarah: 1-2), Alquran adalah rahmat dan obat (QS. Yunus: 57) dan (QS. al-Israa’: 82), Alquran sebagai syafa’at (HR. Muslim), Alquran menentramkan hati (QS. ar-Ra’d: 28), setiap huruf yang dibaca di bulan Ramadhan ini akan mendapatkan pahala 10 kali lipat (HR. Tirmidzi), dan masih banyak keutamaan lainnya.

2.Atur waktu dan target

Agar mudah mengkhatamkan Alquran disarankan untuk menentukan berapa banyak target khatam tahun ini dan mengatur waktu membacanya dengan dicicil setiap waktu yang telah ditentukan.

3.Melibatkan Alquran dalam kegiatan

Membawa Alquran baik cetakan maupun digital dan audio sehingga tetap dapat membaca dan mendengarkan ayat-ayat Alquran dan terganggu dengan pikiran atau kegiatan negatif. Dengan melibatkan Alquran dalam kegiatan sehati-hari maka juga menjaga kesucian yaitu berwudhu untuk tetap bisa berinteraksi dengan Alquran.

4.Istiqamah

Dan hal paling utama adalah istiqomah dalam melaksanakannya

“Maka istiqomahlah (dengan mengikhlaskan ibadah) kepada-Nya dan mohonlah ampun kepada-Nya”. (QS. Fushshilat: 6). Semoga Allah mudahkan kita untuk bersahabat dan mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan nanti.

 

Sumber : https://www.republika.id/posts/6498/jalan-menjadi-sahabat-alquran-pada-ramadhan

https://www.republika.co.id/berita/q9bfm3366/tips-khatam-alquran-selama-ramadhan

https://muslim.or.id/9030-keutamaan-keutamaan-al-quran.html